Membaca Buku Ternyata Bisa Membuat Cepat Tidur

Membaca Buku Ternyata Bisa Membuat Cepat Tidur

Membaca Buku Ternyata Bisa Membuat Cepat Tidur

Foto: Istimewa


Banyak dari kita sangat sulit untuk tidur di malam hari. padahal, esok pagi harus segera beraktivitas seperti biasa. Bahkan beberapa orang memeilih meminum obat tidur untuk mempermudah tidur malamnya. 

Namun, hal tersebut akan berbahaya bagi tubuh jika dilakukan secara terus menerus. Membaca buku merupakan salah satu cara efektif untuk mengantar tidur malam yang efektif nih.

Dilansir dari CNN Indonesia, Dalam kondisi demikian, Anda memerlukan tambahan rutinitas pengantar tidur. 

Sederhana saja, psikolog Joshua Tal mengatakan, membaca buku dapat membantu Anda cepat tertidur lelap.

Namun, tutup buku 15 menit sebelum Anda mematikan lampu untuk tidur. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu bagi pikiran Anda mereda.

Tal juga merekomendasikan Anda untuk memilih buku yang tak terlalu menarik. Mencoba memecahkan masalah atau membaca sesuatu yang menarik rasa penasaran Anda justru tak akan membantu Anda tertidur.

Hasil gambar untuk baca buku sebelum tidur

Selain membantu Anda tertidur dengan cepat, membaca sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mendukung peningkatan kesadaran, dan masih banyak lagi.

Mengutip Business Insider, sebuah penelitian yang dilakukan pada peneliti di University of Sussex pada 2009 menunjukkan bahwa membaca buku selama enam menit sebelum tidur dapat mengurangi stres hingga 68 persen.

Bahkan efek ini bahkan lebih besar daripada mendengarkan musik atau meminum secangkir teh.

Peneliti menyebut, membaca buku sebelum tidur dapat menjernihkan pikiran dan menyiapkan tubuh untuk tertidur.




Membaca Bukumembaca buku membuat cepat tidurtidurbaca

Share to: