Jadi Barang Langka, Yuk Buat Hand Sanitizer Sendiri untuk Cegah Virus Corona

Jadi Barang Langka, Yuk Buat Hand Sanitizer Sendiri untuk Cegah Virus Corona

Jadi Barang Langka, Yuk Buat Hand Sanitizer Sendiri untuk Cegah Virus Corona

Foto: Pixabay


Mencuci tangan dengan sering dan menyeluruh adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona baru.

Saat kamu tidak dapat menemukan air dan sabun disekitarmu, hand sanitizer adalah pilihan terbaik berikutnya. 

Namun belakangan masyarakat mengeluhakan habisnya pembersih tangan dengan berbagai merek di beberapa toko dan supermarket. Bahkan ketika kita mencarinya secara online, harganya naik hingga puluhan kali lipat!

Sebelum menjadi barang langka, inilah cara membuat pembersih tangan menurut ahli kuman seperti dilansir dari businessinsider.sg.

Sementara ahli kesehatan masyarakat tidak merekomendasikan orang sehat memakai masker wajah, namun kamu harus tetap menjaga kebersihan tangan. Kamu dapat membuat pembersih tangan sendiri jika kehabisan di toko sekitar kediamanmu.

Miryam Z. Wahrman, seorang profesor biologi di Universitas William Paterson dan penulis "The Hand Book: Surviving in a World-Filled World," memberikan tips bahan yang kita perlukan.

1. Alkohol

Yang kamu butuhkan hanyalah alkohol, baik isopropil (gosok) atau etil (digunakan untuk bir, anggur, atau alkohol). 

Selama mengandung setidaknya 60% alkohol, kamu dapat menggosokkan cairan ini ke tanganmu. Biarkan sampai mengering dan kamu akan membersihkannya secara efektif.

"Intinya adalah bahwa alkohol adalah bahan aktif (di pembersih tangan)," katanya.

2. Lidah buaya

Hanya menggunakan alkohol di tanganmu pasti akan membuatnya menjadi kering.

Untuk membuat kulitmu tetap lembut, kamu bisa melembabkannya setelah alkohol mengering dengan lidah buaya. Atau kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes lidah buaya ke alkohol gosok.

3. Cara membuat

OregonLive merekomendasikan untuk mencampurkan 2/3 cangkir alkohol isopropil 91% dengan 1/3 cangkir lidah buaya. kamu juga dapat menambahkan delapan hingga 10 tetes minyak wangi jika kamu ingin menjaga keharumannya.

Mencuci tangan tak hanya menghilangkan kuman dari kulitmu tapi juga merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona dan patogen lainnya.

Pembersih tangan, sebaliknya, membunuh sebagian besar kuman tetapi tidak menghilangkannya dari kulit Anda, kata Wahrman.

"Mencuci tangan adalah langkah pertama yang paling penting, dan Anda tidak harus malu tentang hal itu," katanya.

Penting! Kamu juga harus sering-sering membersihkan Hp atau smartphonemu menggunkan kertas tissue yang sudah dibalurkan dengan alkohol.




Cara Membuat Hand SanitizerHand Sanitizer SendiriCegah Virus CoronaVirus Corona

Share to: