5 Herbal Cegah Virus Corona, Dapat Ditemukan di Dapur!

5 Herbal Cegah Virus Corona, Dapat Ditemukan di Dapur!

Foto

Foto: Pixabay


Virus corona atau Covid-19 dipastikan positif berada di Indonesia usai dua warga asal Depok terjangkit virus yang berasal dari China tersebut.

Meski begitu, masyarakat diimbau tak perlu khawatir  berlebihan dengan kasus ini. Salah satu guru besar biologi molekular Universitas Airlangga Surabaya, Prof. C.A. Nidom, berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat mengonsumsi rempah-rempah asli Indonesia yang bisa menangkal virus corona Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

Menurut dr. Danang Ardiyanto, peneliti atau koordinator Rumah Riset Jamu Hortus Medicus Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, anjuran konsumsi rempah dan ramuan lain yang kini viral menjadi bias.

Jadi, tanaman apa saja sih yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Inilah beberapa tanaman yang secara turun-temurun telah dikenal luas oleh masyarakat.

1. Kayu Manis

Foto: Pixabay

Diketahui bahwa Kayu Manis kaya akan antioksidan, bahkan menjadi salah satu rempah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari beberapa penyakit, misalnya flu.

2. Bawang Putih

Foto: Pixabay

Keunggulannya adalah untuk menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah. Kalau diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan.

Bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

3. Kunyit

Foto: Pixabay

Kunyit atau Curcuma longa memiliki senyawa aktif utama kurkumin yang memiliki aktivitas antiinflamsi, analgetik, dan imunomodulator. Kunyit juga mengandung zat aktif yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

4. Sereh

Foto: Pixabay

Sereh mengandung beberapa jenis antioksidan, yang bisa membantu memberantas radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit.

Antioksidan di dalamnya termasuk asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin.

5. Pegagan (Centela asiatica)

Foto: Pixabay

Merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. 




virus coronaramuan cegah virus coronaherbalcovid-19

Share to: