Waduh, Viral COVID19 Bisa Menular Lewat Makeup, Ini Penjelasan Lengkapnya Gaes!

Waduh, Viral COVID19 Bisa Menular Lewat Makeup, Ini Penjelasan Lengkapnya Gaes!

Waduh, Viral COVID19 Bisa Menular Lewat Makeup, Ini Penjelasan Lengkapnya Gaes!

Alat make up (foto: pexels)


Begitu wabah covid-19 merebak, banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu seperti apa penyebaran virus covid-19 dan bisa bertahan dalam benda apa saja. 

Salah satu penelitian dilakukan oleh The New England Journal of Medicine dan membuktikan virus ini bisa bertahan selama 72 jam di permukaan plastik termasuk plastik makeup, tube, metal cases, dan lainnya. Wah serem banget gaes!

Plastik atau kemasan makeup lainnya adalah benda yang berpotensi 'membawa' virus, termasuk covid-19. Meski dalam makeup ada zat yang bertugas melawan jamur dan bakteri, tetap saja ia belum mampu melawan virus.

Seperti yang telah kita tahu, bahan pengawet yang ada dalam makeup memang dibuat agar produk make up terhindar dari jamur dan bakteri waktu kita aplikasikan ke wajah, jadi makeup tersebut bisa tahan lama. Tapi sayangnya, jika proses produksi makeup tersebut kurang steril, kamu harus hati-hati gaes!

Jenis makeup yang diaplikasikan ke bibir dan mata adalah yang paling beresiko pembawa virus gaes. Ingat! kontak langsung dengan mata dan bibir berbahaya apalagi kalau kamu sudah terinfeksi virus covid-19.

Produk eye dan lip make up memang paling beresiko  menularkan virus kalau permukaannya sudah terlanjur terpapar covid-19. Kamu harus perhatikan hal ini gaes, seberapa sering dan lama kamu kontak langsung dengan mata dan bibir, sehingga apabila benar permukaan makeup tadi ada virusnya, kemungkinan untuk masuk ke tubuhmu lewat saluran pernafasan atau celah mikroorganisme yang masuk lewat mata bisa diprediksi.

Mulailah menjaga dirimu sendiri dan orang lain, terutama kalau kamu suka berdandan

Jangan terlalu sering touch up kalau lagi di rumah, apalagi di tempat umum. Penting banget untuk kamu membersihkan alat make up kamu, terutama yang bersentuhan langsung dengan mata dan bibir. Hindari menyimpan make up terlalu lama gaes, karena make up juga ada masa kadaluarsanya. misalnya eyeliner yang hanya bisa bertahan 3 bulan saja. Satu hal ini yang paling penting gaes, jangan asal meminjamkan makeup beserta alat-alatnya ke orang lain, meskipun itu keluargamu sendiri. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga makeup mu dari bahaya kontaminasi virus, khususnya virus covid-19. Stay healty!




Make upPlastikEye MakeupLip Makeup

Share to: