8 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

8 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

8 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Bahaya begadang untuk kesehatan tubuh (Sumber Foto: Pixabay)


Tak hanya membuat mengantuk di pagi hari, bergadang juga mengakibatkan banyak bahaya lain seperti mengganggu kesehatan tubuh bahkan kematian lho gaes. 

Begadang sendiri disebabkan oleh beberapa alasan, mulai dari beban kerja terlalu menumpuk, banyak pikiran, stress, sampai terlalu banyak tidur di siang hari. Hal ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan lho. Bahkan bisa membuat pikiran tidak fokus saat melakukan aktivitas di pagi hari gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menurunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum bebarapa bahaya akibat begadang untuk kesehatan. Apa itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rentan Mengalami Kecelakaan 

Kekurangan tidur atau begadang adalah salah satu faktor yang menyebabkan banyak bahaya besar terutama menimbulkan kecelakanan lalu lintas gaes. 

Saat kekurang tidur, kamu akan merasakan kantuk di saat-saat penting, seperti saat berkendara atau saat bekerja. Itulah yang sering menyebabkan terjadinya kecelakan lalu lintas gaes. 

2. Kurang Konsentrasi 

Tidur yang cukup sangat bermanfaat untuk proses belajar dan berpikir manusia. Sebaliknya, kalau kekurangan tidur atau sering begadang bisa mengurangi konsentrasi belajar dan berpikir gaes.

Kebiasaan begadang dan bangun siang juga berisiko mengganggu tingkat emosi. Dengan begadang, seseorang akan mudah gugup, tak percaya diri, mudah berubah pikiran, dan bahkan depresi lho gaes.

3. Kenaikan Berat Badan 

Sering kali begadang biasanya akan membuat nafsu makan bertambah, tapi hal ini mungkin tidak semua orang bisa mengalaminya gaes. 

BACA JUGA: Tips Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan alami, Cek Disini Gaes!

Saat begadang perut akan merasa lapar saat tengah malam. Pasalnya, makan larut malam bisa merusak periode puasa alami tubuh. Kebiasaan ini juga bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk membakar lemak lho gaes.

4. Mudah Lelah 

Bahaya begadang juga bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah gaes. Tak hanya durasi, waktu tidur juga berpengaruh terhadap tubuh. Tidur selama 8 jam yang dimulai pada dini hari akan membuat kamu lelah dan pusing.

Makanya, kamu perlu tidur dan membiarkan tubuh  beristirahat di malam hari gaes. Bahkan dikatakan bahwa setiap jam dalam jadwal tidur yang berubah, maka terdapat peningkatan risiko penyakit jantung hingga 11 persen lho gaes.

5. Gangguan Emosi Hingga Depresi 

Bahaya begadang yang perlu diwaspadai adalah gangguan perasaan hingga depresi gaes. Kebiasaan tidur larut membuat seseorang mengalami perubahan mood dengan bervariasi.

Orang yang menganggap dirinya burung hantu dan sanggup beraktivitas pada malam hari teridentifikasi mengalami gejala depresi. Selain itu, juga bisa menderita diabetes tipe-2 lho gaes.

6. Menurunnya Sistem Kekebalan imun Tubuh

Tidur dengan cukup akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh sehingga bisa lebih cepat memproduksi imun untuk melawan penyakit. Tapi sebaliknya, kalau sering begadang akan menurunkan sistem kekebalan imun tubuh gaes. 

7. Resiko Kematian Lebih Tinggi 

Orang yang begadang memiliki risiko kematian 10 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak begadang lho gaes. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa orang yang gemar begadang semalaman 30 persen lebih mungkin mengalami kenaikan tekanan darah daripada mereka yang gemar bangun pagi. 

8. Kadar Gula Darah Naik

Begadang juga bisa membuat kadar gula darah naik lho gaes. Biasanya wanita yang punya kebiasaan begadang lebih mungkin mengalami kenaikan gula darah yang cukup pesat.

Dalam kondisi parah, hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi bisa berujung pada penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Lulus Seleksi Pekerjaan, Wajib Dicoba Buat yang Belum Punya Pengalaman Nih~

Kenaikan kadar gula darah ini berkaitan dengan orang punya jadwal di malam hari, sehingga mengharuskannya untuk begadang. Jadi, orang yang beraktivitas pada malam hari cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena gula darah tinggi.

Nah, itu dia gaes 8 bahaya begadang untuk kesehatan yang harus kamu tahu dan senantiasa menghindarinya. Jadi, buat kamu yang sering begadang cobalah untuk memperbaiki pola tidur ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Bahaya Begadang untuk KesehatanBegadang BerbahayaAkibat Suka BegadangDampak dari BegadangBahaya Begadang untuk Tubuh

Share to: