Penimbunan Karena Virus Corona: Jangan Buang Uangmu untuk Barang Tak Penting Ini

Penimbunan Karena Virus Corona: Jangan Buang Uangmu untuk Barang Tak Penting Ini

Foto

Belanja (Foto: Pixabay)


Banyak orang di seluruh dunia telah berlomba-lomba ke toko untuk menimbun barang-barang seperti tisu dan kebutuhan lainnya karenadari virus corona (COVID-19) kasus terus meningkat.

Pada Jumat, 13 Maret 2020 angka kematian global untuk coronavirus mendekati 5.000, menurut data yang dipatuhi oleh Universitas Johns Hopkins.

Apakah kamu juga ikut panik hingga membuat banyak stock barang dirumah? Disarankan untuk setidaknya tidak membuang uangmu untuk hal-hal yang tak penting!

"Simpan persediaan air dan makanan selama dua minggu," saran departemen persiapan darurat dan persiapan bencana Homeland Security, seperti dilansir dari MSN.

Situs ini juga menyarankan kamu untuk memastikan persediaan obat-obatan tanpa resep seperti obat penghilang rasa sakit, obat batuk dan pilek tetap ada. 

Selain itu, Palang Merah Amerika merekomendasikan untuk menyimpan kit P3K di rumah untuk mengobati cedera umum, termasuk luka, goresan, bengkak, keseleo, tegang, dan banyak lagi.

"Saat ini, orang melakukan hal-hal yang sangat konyol," kata Regina Phelps, perencana pandemi dan pakar manajemen krisis Regina Phelps mengatakan kepada CNBC Make It. Pasalnya banyak orang yang datang ke supermarket untuk memborong hampir semua barang yang ada disana.

Respons alami mereka adalah membeli barang yang tidak mereka butuhkan hingga akhirnya tidak akan pernah digunakan.

Jadi, jangan bunag-buang uangmu!

Makanan

Phelps, pendiri Solusi Manajemen & Keselamatan Darurat di San Francisco mengatakan bahwa banyak orang memasukan sejumlah makanan ke dalam daftar belanja secara acak meskipun mereka tahu mungkin tidak akan memakannya. Itu adalah suatu reaksi alami seseorang untuk merasa lebih "aman."

"Belilah barang-barang yang benar-benar akan kamu makan. Bukan barang yang hanya karena ada di sana dan kamu berpikir, 'oh, astaga, mungkin ini akan digunakan' Kamu hanya perlu memiliki kebutuhan-kebutuhan dasar," kata Phelps

Belum lagi kamu harus melihat jenis makanan yang dapat bertahan lama dan yang tidak. Jangan sampai makananmu berjamur sebelum dimakan!

Masker

"Semua orang berpikir, 'Ya ampun. Aku butuh topeng," kata Phelps.

Harga masker bahkan sekarang sudah tak masuk akal. Jika kamyu menamukan dengan harga murah, kamu khawatir akan keaslian masker tersebut.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa jika kamu tidak sakit, tidak merawat seseorang yang sakit, kamu tidak perlu memakainya.

Perlengkapan pembersih

Phelps mengatakan kebanyakan orang menjadi gila dengan membeli segala macam persediaan pembersih, tisu, tisu basah pembersih tangan khusus untuk memerangi penyebaran virus dan hand sanitizer.

Tidak apa-apa jika kamu membeli gel pembersih tangan ini, tapi kamu tak perlu menimbunya! 

Dia mengatakan yang kamu butuhkan adalah sabun pencuci untuk membersihkan dan mendisinfeksi rumahmu.

"Barang ini sangat murah. Kamu bisa menggunakannya di kamar mandi dan di kenop pintu."

Yang terpenting adalah pastikan sekeliling kamu dan juga tanganmu tetap bersih. Jangan sentuh mukamu jika belum mencuci tangan.




Virus Corona

Share to: