Cegah Penyebaran Wabah Corona, 6 Negara Ini Pilih Opsi Lockdown

Cegah Penyebaran Wabah Corona, 6 Negara Ini Pilih Opsi Lockdown

Cegah Penyebaran Wabah Corona, 6 Negara Ini Pilih Opsi Lockdown

Foto: Pixabay


Virus corona telah menjadi pandemi global.

Dengan pusat badai bergeser dari Cina kini ratusan negara telah menerima pasien dengan gejala virus tersebut.

Salah satu opsi untuk mencegah penyebaran virus ini adalah dengan melakukan lockdown di kota atau bahkan satu negara penuh.

Sementara di Indonesia belum mengambil langkah ini, berikut 5 negara yang telah melakukan lockdown.

1. Spanyol

Spanyol adalah salah satu negara yang melakukan opsi ini. Setelah pernah melaporkan 1500 kasus baru dalam 24 jam, mereka dengan tegas melakukan opsi ini untuk pencegahan.

2. Prancis 

Bergabung dengan spanyol, Prancis telah melarang acara publik melebihi 100 oran. Pada Sabtu 14 Maret 2020 lalu, warga telah diminta untuk tinggal di rumah, hanya menyisakan untuk hal-hal penting. 

Berbicara di sebuah konferensi pers pada hari Sabtu, Mr Philippe mengatakan: "Saya telah memutuskan untuk menutup semua lokasi yang tidak bisa dipisahkan. Kita harus benar-benar membatasi gerakan kita."

3. Italia 

Negara yang terus menjadi sorotan ini telah terpukul oleh virus corona.

Tercatat bahwa Italy melaporkan lebih dari 35.000 kasus dengan jumlah kematian 2978. Semua toko kecuali apotek dan outlet makanan telah ditutup.

Namun, nampaknya semangat orang-orang Italia yang dikarantina ini tak bisa di kalahkan. Penduduk setempat masih memenuhi jalanan dengan suara nyanyian.

4. Denmark 

Denmark juga dikabarkan membatasi gerak masyarakatnya dan memberlakukan lockdown.

5. Polandia 

Polandia mengumumkan bahwa mereka akan menutup perbatasan mereka untuk pengunjung asing. Hal ini berarti bahwa semua non-warga negara akan dilarang masuk. 

6. Republik Ceko Slovakia 

Republik Ceko dan Slovakia mengambil tindakan serupa. Lithuania mengumumkan rencana untuk memperkenalkan pemeriksaan perbatasan di perbatasan dengan Polandia dan Latvia. 




lockdoennegara lockdownVirus CoronaItaly lockdown

Share to: