Tips: Bagaimana Menjaga Kelembaban Kulit Jika Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer?

Tips: Bagaimana Menjaga Kelembaban Kulit Jika Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer?

Tips: Bagaimana Menjaga Kelembaban Kulit Jika Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer?

Ilustrasi (Foto: Pixabay)


Semakin banyak orang meningkatkan kebersihan dengan mencuci tangan mereka dengan sabun antiseptik ataupun hand sanitizer.

Pasalnya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan pejabat kesehatan telah menekankan bahwa mencuci tangan secara teratur sangat penting untuk membantu mengekang penyebaran COVID-19.

Tapi ada satu langkah yang kita semua cenderung lupa setelah mencuci tangan atau menggunakan gel pembersih tangan. Ironisnya, dengan mencuci kulit secara berlebihan, kita dapat menyebabkan retakan kering di kulit dan memberi bakteri titik masuk ke dalam tubuh kita.

Jadi kamu harus tetap menjaga kelembaban kulit tanganmu dengan langkah-langkah berikut ini

1. Perhatikan kandungan hand sanitizer

Belakangan, gel pembersih tangan ini sangat amat nlangkah. Bahkan sebagaian orang sudah mulai menjualnya dengan bahan-bahan yang palsu atau tak dianjurkan.

Jadi pastikan hand sanitizermu selain dapat membunuh mikroorganisme dengan 60 persen alkohol, juga tak menggunakan pewarna atau pewangi yang berlebihan. Jika perlu, pastikan ada kandungan sejenis aloe vera di dalamnya.

2. Perhatikan riwayat alergi

Jika kamu memiliki riwayat alergi, kamu harus pintar memilih jenis hand sanitizer.

Perlu diketahui bahwa gel pembersih tangan ini mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Jik kamu memiliki alergi terhadap hal tersebut, gunakanlah and sanitizer yang bersifat non-alkohol atau hanya mengandung antiseptik saja, seperti Chlohexidine.

Pilihan lainnya adalah, cuci tanganmu dengan air dan sabun!

3. Gunakan pelembab

Pembersih tangan dengan alkohol terlalu banyak bisa mengeringkan kulit yang pecah-pecah.

Atasi hal tersebut dengan mengoleskan pelembab segera setelah tanganmu kering. Simpan krim ukuran kecil untuk dibawa kemanapun dalam tas atau di meja kerja.

Petrolatum (Vaseline) masih merupakan pelembab paling efektif di luar sana.

4. Perawatan lainnya

Pada malam hari sebelum tidur, oleskan pelembab tebal. Jika bisa, kemudian tutup dengan sarung tangan katun untuk meningkatkan penyerapan. 

Masker seperti sarung tangan ini dioleskan selama 20 menit, lalu dicuci bersih. Pertimbangkan pelembab udara di kamarmu pada malam hari. Menaikkan tingkat kelembaban di ruangan dapat membantu mengeringkan kulit.




Tips CoronaMenjaga kulit lembabAkibat Terlalu Sering Hand SanitizerPerawatan kulit tangan

Share to: