Makan Terlalu Banyak Garam Dapat Memperlemah Imunitas, Kenapa?

Makan Terlalu Banyak Garam Dapat Memperlemah Imunitas, Kenapa?

Makan Terlalu Banyak Garam Dapat Memperlemah Imunitas, Kenapa?

Ilustrasi (Foto: Pixabay)


Mengkonsumsi terlalu banyak garam dalam makananmu dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh? Benarkah?

Dilansir dari The Indian Express pada 28 Maret 20202, sebuah studi baru menunjukkan mengkonsumsi terlalu banyak garam membuat tubuh sulit melawan infeksi bakteri.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari University Hospital of Bonn memberi makan makanan tinggi garam kepada tikus dan mendapati mereka menderita infeksi bakteri yang parah. Sukarelawan manusia juga diberi tambahan enam gram setiap hari - dalam kandungan garam dari dua makanan cepat saji - dan mereka diketahui mengalami defisiensi imun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,17 ons garam per hari, yang kira-kira sekitar satu sendok teh garam.

Dilansir Daily Mail, menurut penulis utama Dr Katarzyna Jobin, Universitas Würzburg, tubuh menjaga konsentrasi garam dalam darah dan berbagai organ konstan. Garam tambahan yang dikonsumsi bersama makanan disaring oleh ginjal dan diekskresikan melalui urin. 

Ginjal memiliki sensor natrium klorida yang membantu ekskresi garam. Sensor ini menyebabkan glukokortikoid menumpuk di dalam tubuh, membatasi fungsi jenis sel imun yang umum dalam tubuh.

Christian Kurts dari University of Bonn menambahkan bahwa studi baru membuktikan bahwa konsumsi garam yang berlebihan melemahkan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Jadi, untuk masa saat ini, dimana sistem imun tubuh sangat dibutuhkan, kamu harus bisa mengatur apa yang masuk kedalam tubuhmu. Hindari makan junkfood yang berlebihan.




GaramMakan bnyak garamkuyou tipsKadar garam sehariimun tubuh

Share to: