Dr Tirta dan Belva Devara Himbau Publik Gunakan Masker Kain

Dr Tirta dan Belva Devara Himbau Publik Gunakan Masker Kain

Foto

Dr. Tirta dan Belva Devara (Foto: dok. Instagram)


Belva Devara dan Dr Tirta melakukan live Instagram pada Minggu, 29 Maret 2020 kemarin. Keduanya berdiskusi tentang penggunaan masker demi pencegahan virus corona bagi masyrakat.

Dalam diskusi tersebut, Tirta dan Belva menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain di tengah naiknya harga masker bedah di Tanah Air.

"Diskusi dengan @dr.tirta kemarin. Saat ini penting menekan R0 (laju penyebaran virus). Salah satu yg bisa dilakukan adalah pemakaian MASKER KAIN untuk semua termasuk orang awam/publik," tulis Belva.

Meski tidak sebaik masker bedah atau N95, namun menurut mereka masker kain setidakya dapat menurunkan kemungkinan transmisi virus. Jadi untuk setiap orang yang masih harus keluar rumah, dapat menggunakan masker kain untuk pencegahan.

"Sembari tetap #jagajarak dan #dirumahaja untuk tekan R0 ini, yuk pakai masker kain, termasuk yang merasa sehat, dan terutama yang harus bekerja di luar rumah. ⁣⁣KENAPA? Karena tetap menurunkan kemungkinan transmisi⁣," lanjutnya.

Mereka juga mengatakan bahwa akan lebih baik bagi masyarakat yang masih harus keluar rumah dengan menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali.

"Ini lebih baik daripada tidak pakai sama sekali. Masker surgical/N95 biarlah dipakai petugas medis.⁣⁣" tulisnya.

Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi penimbunan masker yang tengah marak oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Meski begitu, Belva menyarankan agar semua orang tetap berada di rumah masing-masing sebisa mungkin Dan tidak meninggalkan rumah jika memang tidak diperlukan.

"TAPI, bukan berarti bisa pergi2 mobilitas ya. Proteksinya tidak sempurna. Kalau terpaksa keluar, lebih baik pakai masker kain drpd tidak sama sekali," ujarnya




Belva Devara dan Dr Tirtamasker kainMaskerDr Tirta

Share to: