Kenali Jenis Penyakit Menangitis Yang di Derita Glenn Fredly

Kenali Jenis Penyakit Menangitis Yang di Derita Glenn Fredly

Kenali Jenis Penyakit Menangitis Yang di Derita Glenn Fredly

Istimewa


Sang Legend musisi Tanah Air, Glenn Fredly.Baru saja meninggal dunia karena penyakit meningitis. Penyakit ini merenggut nyawanya pada usianya yang ke-44 di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan. Seberapa serius penyakit meningitis ini?

Kenali yuk macam-macam penyakit meningitis 

1. Meningitis Virus 

Meningitis virus lebih umum daripada yang disebabkan bakteri. Umumnya, meningitis virus tak berlalu berakibat fatal.

Sebagian besar kasus meningitis disebabkan oleh Enterovirus. Gejala yang ditimbulkan pun tak jauh berbeda dengan menigitis bakteri. 

Umumya,meningitis virus dapat sembuih tanpa diperlukan pengobatan khusus, kendati demikian dalam bebrapa kasus, jenis menigitis ini bisa berakibat fatal tergantung jenis virus,usia pasien dan daya tahan tubuh yang lemah. 

2. Meningitis Jamur 

Meningitis ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut Cryptococcus dan merupakan jenis penyakit radang selaput otak yang langka. 

Infeksi meningitis karena jamur tersebut kemungkinan besar menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, tetapi jenis meningitis ini tidak menular. 

3. Meningitis non-infeksi 

Umumnya, orang yang menderita meningitis ini bukan karena infeksi jamur, bakteri,maupun virus. Radang selaput otak yang terjadi berkembang sebagai akibat dari cedera kepala atau operasi otak. 

Dapat juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu, lupus, atau kanker, sehingga meningitis non-infeksi tidak menular. 

4. Meningitis Parasit 

Meningitis parasit merupakan salah satu jenis meningitis yang jarang terjadi. Bentuka ini menyebabkan infeksi otak yang dapat berkembang dengan cepat dan berakibat fatal. 

Gejala meningitis parasit umumnya muncul setelah tujuh hari terinfeksi. Gejala umunya meliputi kebingungan, kehilangan keseimbangan, kejang,halusinasi dan kurang peka terhadap lingkungan. 

5. Meningitis Bakteri

Ini merupakan penyakit radang selaput otak yang sangat serius dan dapat mengancam jiwa. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria meningitidis atau Streptococcus pneumoniae, dan keduanya menular. 

Bakteri meningookus tidak bertahan lama di luar tubuh inangnya, jadi kemungkinan tidak akan tertular dari orang yang berada didekat Anda. 




meningitisapaitumeningitisradangotakglennfredly

Share to: