Wajib Nonton! 5 Film Indonesia Terbaik Tentang Perjuangan Perempuan

Wajib Nonton! 5 Film Indonesia Terbaik Tentang Perjuangan Perempuan

Wajib Nonton! 5 Film Indonesia Terbaik Tentang Perjuangan Perempuan

Istimewa


Tanggal 21 April, bertepatan dengan hari kelahiran Raden Ajeng Kartini yang telah berhasil membuat perempuan Indonesia bangkit dan percaya diri untuk mengejar Cita-cita. 

Jika pada tahun-tahun biasanya di hari yang spesial ini, kita merayakan hari lahirnya Kartini seperti memakai kebaya bersama teman-teman ataupun pertunjukan bakat para anak-anak kecil. 

Walapun kamu gak bisa rayakan seperti tahun biasanya, kamu masih bisa lho menoton film-film tentang perjuangan perempuan yang inspiratif. 

Berikut rekomendasi film tentang perempuan untuk kamu.

1. Kartini 

Film ini diambil dari kisah nyata yang bercerita tengang perempuan bernama Raden Adjeng Kartini yang memperjuanhkan emansipasi di tengah budaya patrairki.

R.A Kartini mendapatkan gelar sebagai pahlawan perempuan nasional oleh pemerintah Indonesia memlalui keputusan Presiden RI No 108, tanggal 2 Mei 1964. Karakter Kartini diperankan oleh Dian Satro.

2. Tiga Srikandi 

Menceritakan tentang pengorbanan perempuan Indonesia, yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Tara Basro dan Chelsea Islan. 

Film yang disutradari Iman Brotosenp ini, menggambarkan settingan tahun 1988, tahundimana dunia olahraga mempersiapkan keikutsertaanya di olimpiade ke-24 di Seoul, Korea Selatan. 

Banyak masalah yang terjadi kepada tiga perempuan ini, namun mereka tidak patah semangat untuk mengejar cita-cita dan membanggakan Indonesia. Sampai akhirnya, mereka berhasil meraih medali pertama di ajang olimpiade.

3. Sokola Rimba

Film yang sangat inspiratif untuk perempuan Indonesia, menceritakan tentang sosok perempuan yang bernama Butet Manurung, seorang perempuan Batak, yang mengabadikan hidupnya sebagai seorang aktivis,pelopor dan pelaku pendidikan alternatif bagi masyarakat yang terasing dan berada di daerah yang terpencil. 

Karakter Butet diperankan  oleh Prisia Nasution, Film ini berhasil meraih beberapa penghargaan yang memotivasi perempuan Indonesia. 

4. Athirah 

Film Athirah ini, diangkat dari sebuah novel karya Alberthiene Endah. Athirah juga merupakan ibu dari mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, yaitu Jusuf Kalla. Athirah juga merupakan sosok ibu rumah tangga yang hebat.

Pada film ini Athirah mampu menghadapi kenyataan hidup yang pahit, di saat itu juga ia harus mencari cara untuk dapat menjaga harga dirinya agar tidak terinjak, dan menjaga keutuhan keluarganya.

Film ini juga di sutradarai oleh dua wanita hebat yaitu Riri Riza dan Mira Lesmana. Dan mendapatkan penghargaan sebagai Film Terbaik di ajang Festival Film Indonesia pada tahun 2016, dan meraih 6 Piala Maya 2016, dari 13 nominasi yang didapat.

5. Nyai Ahmad Dahlan

menceritakan tentang kehidupan Siti Walidah, atau yang lebih dikenal dengan nama Nyai Ahmad Dahlan, yang merupakan istri dari pendiri Muhammadiyah, yaitu Ahmad Dahlan.

Bercerita tentang wanita yang menjadi pelopor pergerakan wanita Indonesia dan menjadi tokoh emansipasi wanita seperti R.A Kartini. Nyai Ahmad Dahlan mendirikan yayasan pengajian yang diberi nama Aisyiyah. 




filmindonesiaperempuanperempuanindonesiaKartiniRAKartini

Share to: