Menyambut Ramadan, Yuk Simak Nasihat Quraish Shihab: Agar Musibah Berat Terasa Ringan

Menyambut Ramadan, Yuk Simak Nasihat Quraish Shihab: Agar Musibah Berat Terasa Ringan

Foto

Quraish Shihab (Foto: Instagram)


Ramadhan akan segera datang. Kita harus melatih kesabaran kita mulai dari sekarang nih. Termasuk kesabaran saat mendapatkan musibah. Karena tidak ada yang pernah tahu kapan musibah datang dan terjadi dalam kehidupan manusia. Saat di antara kita terkena musibah, Quraish Shihab mengungkapkan sejumlah hal yang bisa kita lakukan untuk meringankannya.

Pertama, sadari bahwa musibah itu dapat terjadi lebih parah daripada apa yang telah terjadi. Kedua, kesedihan yang berlarut-larut tidak akan mengembalikan mereka yang sudah pergi.

"Ketiga, yang tersisa di sisi Allah masih lebih banyak daripada yang hilang dari diri kita," ucap Quraish Shihab.

Yang keempat, Quraish Shihab juga meyakini bahwa setiap petaka yang terjadi pada diri seseorang, pasti ada hikmah yang dapat diambil. Jadi jangan merasa kecewa jika mendapatkan musibah.

Menurut Quraish Shihab, semua kesabaran kita saat mendapat musibah akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. "Setiap petaka tersedia ganjaran bagi yang bersabar.

Sedangkan yang keenam, hanya mereka yang di sisi Allah yang dapat memperoleh segala sesuatu yang lebih baik dan kekal," ungkap Quraish Shihab. Karena itu, ucapkan setiap petaka dengan inalilahi wainalilahi rojiun.




Quraish ShihabRamadhan 2020

Share to: