Ini 7 Amalan untuk Memperbanyak Pahala di Bulan Ramadan Meski di Rumah Aja

Ini 7 Amalan untuk Memperbanyak Pahala di Bulan Ramadan Meski di Rumah Aja

Foto

7 Amalan di bulan Ramadan (Foto: Istimewa)


Selama bulan Ramadan, kita sebagai umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Tapi selain itu kita juga disarankan untuk memperdalam keimanan kita dan juga memperbanyak amalan untuk memperoleh pahala.

Berikut amalan puasa sederhana yang bisa menambah pahala kamu di bulan Ramadan:

1. Mengerjakan Qiyamul-Lail

Dalam hadis HR Bukhari dijelaskan "Barang siapa yang menjalankan qiyamu Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.

Beberapa amalan Qiyamul-Lail yaitu mengakhirkan makan di waktu sahur, menyegerakan berbuka sebelum Shalat Maghrib, berdoa ketika berbuka puasa, dan doa untuk bersyukur pada Allah SWT.

2. Salat Tahajud

Melakukan salat tahajud di sepertiga malam dapat memperbanyak amalan kamu selama Ramadan. Salat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyaknya tidak terbatas.

3. Membaca Al Quran

Pahala membaca Al Quran di bulan puasa berliat ganda dibanding bulan lainnya. Umat muslim dapat membaca Al Quran setelah salat wajib atau fardhu.

4. Sedekah (Beramal)

Perbanyak sedekah dan amal di bulan puasa. Islam mengajarkan untuk mengamalkan kebaikan.

Seperti firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah, "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui (QS 2:261)."

5. Mencari Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu umat muslim dapat memperbanyak amalan dan membaca Al Quran.

6. Perbanyak dzikir, doa, dan istigfar

Sesudah salat wajib, umat muslim melakukan dzikir, doa, dan istigfar.

Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika ia berbuka doanya tidak akan ditolak," (HR. Ibnu Majah).

7. Memberi Buka Puasa untuk Orang yang Berpuasa dan Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib dilakukan sebelum salat hari raya Idul Fitri bagi umat muslim yang mampu.

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu √°nhuma berkata:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari kesia-siaan dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan fakir miskin.




7 Amalan untuk Memperbanyak Pahala di Bulan Ramadan

Share to: