Niat, Doa dan Tata Cara Melaksanakan Salat Istikharah

Niat, Doa dan Tata Cara Melaksanakan Salat Istikharah

Foto

Istimewa


Shalat istikharah merupakan shalat sunnat yang dilakuka sebanyak 2 rakaat atau paling banyak 12 rakaat ( 6 salam )  untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT karena bingung dengan pilihan yang ada dan merasa ragu ketika akan memutuskan sesuatu. 

Pengerjaan pelaksanaan shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja asalkan bukan waktu yang terlarang untuk melakukan shalat.

Adapun Niat,Doa dan Tata Cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan solat Istikhoroh. 

Niat Salat Istikharah 

Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Tata Cara Salat istikharah

Salat Istkharah sama seperti salat pada umumnya yaitu terdiri dari dua rakaat dengan satu kali salam. Dua Rakaat tersebut bisa berdiri sendiri dengan niat khusus salat istikharah tau niat yang digabung dengan niat salah sunnah lainnya. 

Tata cara pelakasanaanya yaitu, diawali dengan niat, dilanjutkan dengan takbiratul ihram, doa iftitah, membaca surat Al Fatihah dan begitu seterusnya hingga salam.

Dan disunnahkan pula untuk membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua. Setelah salam, barulah membaca doa istikharah seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Salat Istikharah

“ Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya : 

" Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Tahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."




solatsolatwajibsolatsunahsolatistikharahramadan

Share to: