Simak Nih, 5 Tips Pertahankan Bisnis Selama Pandemi dan Ramadan

Simak Nih, 5 Tips Pertahankan Bisnis Selama Pandemi dan Ramadan

Foto

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Ada beberapa hal yang mungkin berubah selama bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah jam kerja yang lebih singkat, penurunan produktifitas dan juga energi karena tengah menahan lapar dan haus selama berjam-jam.

Belum lagi saat ini kamu ada banyak orang yang "terkunci" dan tak bisa pergi keluar rumah akibat pandemi virus corona.

Namun kamu harus bisa mengekplorasi berbagai hal untuk tetap bisa meningkatkan efesiensi dalam waktu yang terbatas. Kamu juga bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini sepenuhnya intuk kegiatan pemasaran.

Bagaimana caranya? Berikut tips pertahakan bisnis selama pandemi dan Ramadan seperti dilasir dari berbagai sumber.

1. Menghargai Aturan

Kamu harus paham tentang hal apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak. Selama bulan suci Ramadan, kamu harus bisa beradaptasi dengan segala kegiatan pemasaran. Terlebih lagi ditengah pandemi seperti saat ini.

Hal lain, kamu jangan memajang gambar makanan atau menampilkan iklan dengan model yang kurang sopan.

2. Ambil Hikmahnya

Dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, tentu saja ada peningkatan tekanan kepada karyawan staf. Mereka harus berkerja lebih keras untuk dapat melakukan hal sama dengan hari-hari biasanya di waktu yang lebih singkat.

Maka dari tu, buatlah tugas mereka menjadi lebih jelas agar teratur dan pada tetap pada jalurnya.

3. Mencari peluang

Selalu ada hal positif yang dapat kita ambil. Hari-hari besar keagamaan dapat kamu gunakan sebagai peluang untuk memperluas atau menghasilkan binis.

Ada berbagai cara di mana perusahaan dapat bekerja menyesuaikan dengan simbol agama untuk memposisikan diri mereka lebih baik, dan menarik lebih banyak pelanggan. Memasukkan unsur-unsur Islam ke dalam kegiatan pemasaran seperti bulan sabit, prasasti Arab, dan lain sebagainya bisa menjadi daya tarik pelanggan.

4. Promosi

Selama Ramadan identik dengan unsur persaudaraan, kasih sayang, dan persatuan. Pemasar harus dapat membuat konten yang didasarkan pada nilai-nilai ini untuk menargetkan pelanggan secara efektif.

Kamu bisa memanfaatkan banyak hal untuk mempromosikan bisnismu. Cobalah menargetkan  saluran yang ramah keluarga untuk menjangkau audiens inti.

5. Melatih tim

Meskipun ini mungkin bukan waktu terbaik untuk menghabiskan dana tambahan untuk pemasaran, ini mungkin merupakan peluang besar untuk melatih kembali tim kamu. 

Bangun kualitas perusahaanmu dengan meletih tim dengan fondasi yang kuat seperti  membangun aset digital seperti citra, konten video, desain situs web, dan pengalaman pengguna.   




Tips Pertahankan BisnisTips RamadanRamadan 2020Tips Bisnis

Share to: