Catat Nih! Ini 10 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Catat Nih! Ini 10 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

 Catat Nih! Ini 10 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

10 Ide Bisnis Modal Kecil (Foto: Instagram)


Seringkali orang-orang berpikir kalau ingin membuka sebuah bisnis, mereka harus memiliki dana yang banyak. Di era globalisasi yang di mana teknologi sudah semakin canggih, semua hal yang sebelumnya mustahil dilakukan menjadi gampang.

Dengan kemajuan ini, semakin banyak kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal besar. Nah, berikut ini adalah ide bisnis modal kecil untuk milenial.

1. Social Media Management

Ini dia ide bisnis modal kecil untuk milenial. Anda pasti sering menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya. Jika Anda adalah sosok yang internet savvy, ini adalah ide bisnis kecil yang cocok untuk Anda.

Dengan menjalani bisnis social media management, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, Anda hanya memerlukan gadget Anda seperti handphone dan laptop, serta kreatifitas Anda dalam bersosial media.

Beberapa bisnis kecil di social media terkadang membutuhkan seseorang yang bisa menangani akun social media mereka untuk kebutuhan marketing.

2. Fotografi

Bagi Anda yang memiliki passion di bidang fotografi, Anda bisa membuka bisnis fotografi. Sekarang, banyak yang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk suatu pekerjaan mereka, bisnis mereka, atau pun untuk mengambil foto pribadi seperti foto keluarga.

Dengan bermodalkan kamera pribadi dan insting estetika fotografi, Anda bisa menjadi salah satu fotografer yang handal. Mulailah dengan membuat portfolio dengan beberapa objek yang memang menjadi fokus bisnis fotografi Anda nantinya.

3. Membuka Thrift Shop

Thrift shop adalah sebutan lain untuk toko barang bekas, di mana biasanya orang mencari barang yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan aslinya. Di negeri Paman Sam, Amerika Serikat sudah banyak orang yang secara terbuka berbelanja di thrift store.

Jika Anda ingin membuka usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Anda hanya perlu mencari barang yang kira-kira sudah jarang terpakai kemudian menjualnya di internet atau memanfaatkan media sosial.Namun ingat, Anda harus menjamin bahwa kualitas barang bekas yang Anda jual masih bagus.

4. Usaha Laundry

Jika Anda memiliki mesin cuci di rumah, Anda bisa memulai untuk usaha laundry.Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk listrik, sabun cuci baju, beserta pewangi baju, dan Anda sudah siap menjalani bisnis modal kecil ini. Namun, Anda harus sangat berhati-hati dalam menjalani usaha ini.

5. Personal Chef

Apakah Anda punya hobi memasak? Atau punya passion di bidang kuliner? Bisnis modal kecil untuk milenial ini adalah pilihan yang tepat buat Anda. Beda dengan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga, Anda biasanya akan direkrut oleh orang tertentu untuk menyiapkan hidangan spesial acara tertentu. Mulai dari acara barbecue, family gathering, acara ulang tahun, atau pun keperluan pribadi yang lain.

6. Editorial

Bisnis kecil yang satu ini adalah usaha yang bisa Anda tekuni jika Anda memiliki ketertarikan di bidang literasi, contohnya seperti menulis artikel dan membaca buku. Anda bisa memberikan pelayanan yang berhubungan dengan menulis atau membaca.

Services yang Anda bisa berikan dalam usaha ini adalah proofreading, menulis artikel, editing, atau servis yang lainnya yang berhubungan dengan menulis atau membaca.

7. Video Editor/Production

Banyak kalangan yang mungkin membutuhkan jasa video editor atau video maker yang handal, seperti perusahaan kecil dan besar, Youtuber, social media influencers, ataupun kalangan lain yang kurang mahir dalam membuat atau mengedit video.

Jika Anda mahir dalam hal ini, kenapa tidak dijadikan bisnis kecil yang Anda jalankan? Yang Anda perlukan hanyalah gadget Anda dan aplikasi/software untuk mengedit video.

8. Jasa Pembersih/Cleaning Service

Mungkin kesan pertama yang Anda dapat setelah melihat nama dari bisnis kecil ini adalah “kok saya disarankan menjadi pembantu rumah tangga, sih?”

Banyak orang meremehkan pekerjaan seperti ini, padahal banyak sekali orang yang membutuhkan bantuan untuk membersihkan tempat mereka tanpa menyewa pembantu rumah tangga.

Contohnya seperti pekerja yang masih tinggal di kosan atau kalangan pekerja yang jarang di rumah/apartment yang tidak mempunyai waktu untuk bersih-bersih. Apa salahnya Anda mengambil kesempatan tersebut untuk memulai bisnis modal kecil Anda?

Di era sekarang, banyak yang membutuhkan jasa one-day service untuk membersihkan tempat mereka dalam sehari. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Yang Anda perlukan untuk menjalani bisnis kecil ini hanyalah alat-alat pembersih dan handphone untuk menerima/menghubungi klien Anda.

9. Personal Shopper

Kata mager (malas gerak) pasti sudah sering Anda dengar setiap harinya. Kata tersebut menggambarkan kemalasan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Salah satu aktivitas yang beberapa orang mungkin malas untuk melakukannya adalah berbelanja. Mungkin banyak sekali orang yang suka berbelanja, tapi tidak sedikit pula orang yang tidak punya waktu bahkan malas untuk berbelanja.

Namun, masih jarang toko-toko yang bisa melakukan delivery langsung ke tempat, ataupun bisa di-delivery namun sampainya agak lama.

Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memulai bisnis kecil Anda untuk menjadi personal shopper. Anda bisa menawarkan paket delivery setiap hari untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

10. Buka Kursus/Les

Jika Anda suka berinteraksi dengan anak-anak sekolah, Anda bisa membuka kursus/les di bidang apapun. Dalam bisnis modal kecil ini, yang dibutuhkan adalah pengetahuan yang Anda miliki.

Banyak juga kelas yang Anda bisa berikan untuk membuka usaha kursus, seperti akademik (membaca, matematika, sains, dll), musik, atau kelas lain yang menurut Anda akan ada yang tertarik untuk mendaftar. Jangan lupa juga sesuaikan dengan kemampuan Anda.




10 Ide Bisnis Modal Kecil

Share to: