Selain Tarawih, Ini 6 Salat Sunah untuk Sempurnakan Ramadan Kamu

Selain Tarawih, Ini 6 Salat Sunah untuk Sempurnakan Ramadan Kamu

Selain Tarawih, Ini 6 Salat Sunah untuk Sempurnakan Ramadan Kamu

6 Salat Sunah untuk Sempurnakan Ramadan Kamu


Dibulan suci Ramadan ini bisa menjadi amalan besar yang bisa dilakukan. Salat sunah di bulan Ramadan yang sangat dianjurkan adalah salat tarawih. 

Salat tarawih termasuk qiyamul lail atau salat malam namun hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja.

Selain salat tarawih, ada juga salat sunat lain yang bisa dilakukan di bulan Ramadan lho. Pahala dari salat-salat ini juga tak kalah mulianya dari salat tarawih.

Anda bisa melaksanakan salat sunah ini untuk mendekatkan diri pada Allah dan mencari berkah sebanyak-banyaknya di bulan suci ini.

Berikut 6 salat sunah untuk mendapatkan keberkahan.

1. Salat Witir

Foto: Istimewa

Salat witir adalah salat sunah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah salat sunah yang dikerjakan di hari itu juga. Salat witir merupakan salah satu salat sunah muakkad, artinya yaitu sangat dianjurkan. Disebut salat witir karena jumlah rakaatnya ganjil. Sebenarnya, salat witir lazimnya dikerjakan dengan 3 rakaat.

2. Salat Tahajud

Foto: Istimewa

Salat tahajud merupakan salah satu jenis salat malam yang memiliki banyak kemuliaan. Salat tahajud merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Karena begitu istimewa, salat tahajud bisa menambah keberkahan selama bulan Ramadan. Waktu utama untuk melakukan salat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir. Waktu ini dimulai 01.30 hingga sebelum memasuki subuh.

3. Salat Taubat

Foto: Istimewa

Salat taubat adalah salat sunnah yang dilakukan dalam rangka memohon pengampunan dari Allah SWT, atas segala dosa maupun kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat. Bulan Ramadan merupakan bulan di mana semua amal kebaikan diterima dan dosa diampuni.

4. Salat Duha

Foto: Istimewa

Salat duha merupakan salat sunah yang dilakukan ketika waktu duha. Waktu duha merujuk pada waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu zuhur. Salat duha dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. 

5. Salat Rawatib

Foto: Istimewa

Salat sunah rawatib adalah salat sunah yang dikerjakan sebelum dan sesudah salat wajib lima waktu. salat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum salat fardhu disebut dengan salat sunnah Qobliyah. Sedangkan salat sunnah Rawatib yang dikerjakan setelah salat fardhu disebut dengan salat sunnah Ba'diyah.

6. Salat Tasbih

Foto: Istimewa

Salat tasbih merupakan salat sunah yang di dalamnya mengandung bacaan tasbih sebanyak 300 kali yang dibaca saat salat. Pada salat tasbih ada penambahan bacaan tasbih sebanyak 75 kali dalam satu rakaatnya. Bacaan tasbih dibaca saat ruku, itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan tasyahud. Salat tasbih merupakan salat sunah yang bisa membuat hati jadi lebih tenang dan tenteram. Salat sunah ini juga dipercaya bisa menggugurkan dosa.




Ramadan6 Salat Sunah untuk Sempurnakan Ramadan KamuPuasa

Share to: