Buat yang Belum Tahu, Syarat Wajib dan Rukun Puasa Ramadan Serta Bacaan Niat Puasa

Buat yang Belum Tahu, Syarat Wajib dan Rukun Puasa Ramadan Serta Bacaan Niat Puasa

Buat yang Belum Tahu, Syarat Wajib dan Rukun Puasa Ramadan Serta Bacaan Niat Puasa

Syarat wajib dan rukun Puasa Ramadan


Ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan  salah satu kewajiban oleh setiap umat muslim diseluruh dunia yang telah memenuhi syarat.

Perintah puasa termasuk ke dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Apakah kamu tahu guys melaksanakan ibadah puasa di bulan memiliki lima syarat wajib dan dua rukun yang harus kamu penuhi  lho.

Berikut lima syarat wajib dan dua rukun puasa yang harus kamu penuhi untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan puasa.

Syarat Wajib Puasa:

1. Beragama Muslim

Foto: Istimewa

Karena ibadah puasa termasuk dalam rukun Islam, hanya orang muslim dan muslimah yang wajib menunaikan ibadah puasa. Jika seseorang murtad, keluar dari Islam, kewajiban puasa baginya gugur dan ia tidak memenuhi syarat wajib puasa lagi.

2. Baligh

Foto: Istimewa

Syarat wajib puasa yang kedua yaitu telah mencapai status balig. Bagi laki-laki, ia ditandai dengan keluarnya air mani dari kemaluannya, baik dalam keadaan tidur ataupun terjaga dan seorang bagi perempuan, status balig ditandai dengan menstruasi.

3. Berakal Sehat

Foto: Istimewa

Syarat wajib puasa yang ketiga bagi seorang muslim dan balig, adalah ia harus memiliki akal yang sehat, sempurna, dan tidak gila. Selain itu ya guys ia juga tak mengalami gangguan mental atau tidak sedang kehilang kesadarannya karena mabuk.

4. Mampu berpuasa

Foto:Istimewa

Sudah mampu menjalankan ibadah puasa, jika seorang muslim tidak mampu menjalankan puasa karena alasan tertentu maka ia diwajibkan menggantinya di bulan berikutnya atau dengan membayar fidyah.

5. Mengetahui awal Ramadan

Foto: Istimewa

Syarat wajib yang terakhir adalah mengetahui awal Ramadan dan hari pertama puasa hingga sebulan penuh. Untuk menetapkan awal Ramadan dapat diketahui dengan melihat hilal.

Rukun Puasa:

1. Niat Puasa

Foto: Istimewa

Niat adalah penegasan status fardu dari ibadah puasa Ramadhan. Hal ini menunjukkan kejelasan adanya ibadah, bukan hanya sekadar kehendak menunaikannya saja.  Bacaan niat puasa Ramadan adalah sebagai berikut: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

2. Menahan diri dari hal yang dapat membatalkan puasa

Foto: Istimewa

Terdapat beberapa hal yang membatalkan puasa, seperti makan-minum, hubungan suami-istri di siang hari, muntah disengaja, keluar mani disengaja, haid, nifas, serta murtad keluar dari Islam.




Syarat wajib RamadanPuasaRamadan

Share to: