Cerita Mike Tyson saat Dipenjara: Temukan Hidayah untuk Masuk Islam

Cerita Mike Tyson saat Dipenjara: Temukan Hidayah untuk Masuk Islam

Cerita Mike Tyson saat Dipenjara: Temukan Hidayah untuk Masuk Islam

Mike Tyson (Foto: dok. Instagram)


Michael Gerard Tyson atau Mike Tyson adalah petinju profesional dan mantan juara kelas berat. 

Sayangnya, kariernya yang sangat menjanjikan terhambat oleh berbagai kasus kriminal. 

Pada tahun 1992 hingga 1995, dia divonis penjara selama tiga tahun terkait kasus perkosaan terhadap Miss Black America 1991 Desiree Washington.

Tiga tahun hidup di balik jeruji besi, petinju legendaris dunia itu tak bisa merasakan gemerlap dunia malam di Las Vegas. Namun kabar baiknya adalah Mike Tyson menemukan kehidupan baru di dalam penjara Indiana.

Mike Tyson menjadi seornang mualaf saat berada di penjara. Dia bahkan mengubah namanya menjadi Malik Abdul Aziz.

Secara resmi, pada 1995, selepas dari penjara di Indiana, Mike Tyson mengumumkan telah memeluk agama Islam yang telah dipelajarinya selama di dalam penjara.

Dia berguru kepada ustaz Muhammad Shadiq pada tahun 1993 di dalam penjara selama satu tahun. Tyson mengaku mendapat ketenangan diri setelah mempelajari Islam dan sering membaca Al-Quran.

Seorang temannya yang sering berkunjung ke penjara saat Tyson masih ditahan mengtakan bahwa dia sudah menjadi  sosok yang tenang, sabar, dan lebih rendah hati. Bahkan saat hendak keluar dari penjara, Tyson melakukan sujud syukur dan salat.

"Islam telah memberi tujuan dan jalan hidup kepada Mike Tyson. Dan aku bertemu dengannya setiap Sabtu pagi untuk melaksanakan salat berjamaah. Dari sanalah masing-masing dari kita pergi menuju tujuannya. Aku mengunjungi dia bukan untuk mencari pekerjaan, tapi aku membezuk dia sebagai saudara," ujar temannya, Edi Gargory.

Tak hanya itu, Mike Tyson bahkan berangkat ke Tanah Suci setelah keluar daei penjara. Dia mengaku kagum dengan kota Mekah dan Madinah.

"Saya masih suka menangis bila ingat, saya bisa datang ke Tanah Suci. Yang paling berkesan bagi saya, saat menjalani salat Raudhah di samping makam Nabi Muhammad SAW," ucap Tyson.

Kabar Tyson masuk Islam pun sampai ke telinga petinju legendaris Muhammad Ali. Petinju yang sebelum masuk Islam bernama Cassius Marcellus Clay Jr itu sangat mendukung keputusan Tyson menjadi seorang muslim.

Ali adalah salah satu sosok petinju idola Mike Tyson. Ali juga seorang mualaf setelah memutuskan masuk Islam di tahun 1960-an.




Michael Gerard TysonMike TysonMalik Abdul AzizKisah Mike TysonMike Tyson mualaf

Share to: