Kamu Harus Tahu! Berikut 6 Mitos Ramadhan yang Harus Dihindari

Kamu Harus Tahu! Berikut 6 Mitos Ramadhan yang Harus Dihindari

Foto

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Bulan suci Ramadhan merupakan waktu puasa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Ramadhan dimulai pada bulan kesembilan dari kalender Lunar Islam setiap tahun, dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Selama Ramadhan, umat Islam tidak makan atau minum selama matahari terbit dan terbenam. Mereka diizinkan makan dua kali sehari yakni sahur, yang sesaat sebelum fajar dan berbuka puasa, yang setelah matahari terbenam.

Berpuasa dimaksudkan untuk membantu mengajar umat Islam tentang menahan diri, dan kemurahan hati. Menjadi lapar mengingatkan mereka pada orang miskin, yang sering kelaparan.

Namun, ada banyak mitos tentang Ramadhan yang berkembang dan masih menjadi pertanyaan banyak orang. Di sini, kamu harus tahu bahwa keenam mitos ini harus kamu hindari.

Apa saja ya?

1. Kamu harus berpuasa, apa pun yang terjadi

Salah satu mitos paling umum tentang Ramadhan adalah bahwa kamu harus berpuasa apa pun yang terjadi. 

Puasa selama bulan Ramadhan hanya diharapkan dari mereka yang bugar dan cukup sehat untuk melakukannya. Jika kamu sakit, hamil, menyusui, atau sedang menstruasi, kamu dibebaskan dari puasa. Orang muda dan orang tua juga dikecualikan.

2. Kamu tidak dapat minum obat

Diperkirakan oleh beberapa orang bahwa menggunakan obat luar selama bulan Ramadhan merupakan juga puasa. 

Ternyata kamu masih diperbolehkan untuk menggunakan obat tertentu, seperti obat tetes mata, obat tetes telinga, suntikan, dan infus uretra. Obat-obatan yang diminum, tetapi dianggap berbuka puasa. Karena itu, jika kamu sedang dalam pengobatan, mungkin lebih baik kamu tidak berpuasa terlebih dahulu.

3. Kamu tidak diperbolehkan menyikat gigi

Menyikat gigi selama bulan Ramadhan tidak dilarang bahkan sebenarnya dianjurkan. Ramadhan adalah bulan yang mencari kemurnian, baik jasmani dan rohani, sehingga kebersihan fisik dianjurkan.

4. Ramadhan hanya tentang puasa dan makanan

Makan dan minum bukan satu-satunya kegiatan yang harus dihindari selama bulan Ramadhan. Ada juga fokus pada 'dosa karena lidah', yang meliputi menggigit punggung, bersumpah, atau bergosip. 

Pada jam-jam siang hari, umat Islam juga menjauhkan diri dari pertempuran, merokok, dan seks. Seharusnya menciptakan ruang mental untuk fokus pada agama.

5. Kamu tidak diizinkan makan selama sebulan penuh

Muslim hanya berpuasa di siang hari di bulan Ramadhan. Mereka diperbolehkan menikmati makanan dan minuman seperti biasa setelah matahari terbenam. Keluarga dan teman-teman sering berbuka puasa bersama dengan makan malam yang lezat.

6. Kamu tidak diizinkan menelan air liur sendiri

Tentu saja, tidak mungkin untuk tidak menelan air liur sendiri, karena itu adalah refleks alami. Namun, apa yang akan membatalkan puasa adalah menelan air liur orang lain. 

Mencium pasangan atau saat puasa tidak diperbolehkan karena inti dari puasa adalah kemampuan mengendalikan keinginan duniawimu.




Mitos ramadanSikat gigi saat puasaRamadan 2020

Share to: