5 Fakta Djoko Santoso, Mantan Panglima TNI yang Dulunya Anak Buah Prabowo

5 Fakta Djoko Santoso, Mantan Panglima TNI yang Dulunya Anak Buah Prabowo

5 Fakta Djoko Santoso, Mantan Panglima TNI yang Dulunya Anak Buah Prabowo

Fakta Jendral Djoko Santoso


Mantan panglima TNI Jendral (Purn) Djoko Santoso meninggal dunia pada Minggu 10 Mei 2020. Djoko menghembuskan nafas terakhirnya setelah sempat dirawat beberapa hari pasca operasi pendarahan di otak.

Untuk diketahui, Jendral (Purn) Djoko Santoso merupakan salah satu prajurit Prabowo Subianto dan ia mulai memasuki karier politik pada tahun 2015 dengan bergabung ke Gerindra.

Kemudian  ia ditunjuk sebagai Ketua Badan Pemenang Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada pilpres 2019 lalu.

Biar kamu lebih mengenal dengan sosok Jendral (Purn) Djoko Santoso yuk simak aja beberapa fakta menarik mengenai sang mantan jendral ini.

1. Pernah diusulkan untuk jadi cawapres Megawati

Foto: Istimewa

Pada pemilihan presiden di tahun 2009 lalu, nama Djoko Santoso nyatanya pernah diusulkan untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri. Saat itu Djoko mengaku tak berminat untuk terjun ke dunia politik.  Djoko pun menolak tawaran putri mantan presiden pertama Republik Indonesia itu lantaran ia lebih memilih untuk menuntaskan reformasi TNI. 

2. Jadi panglima di era Presiden SBY

Foto: Istimewa

Santoso pernah duduk di jabatan tertinggi yang seorang prajurit TNI bisa raih. Di era Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Djoko Santoso dipercaya sebagai Panglima TNI.  Ia menduduki jabatan ini sejak Desember 2007 hingga September 2010. Djoko Santoso kala itu menggantikan posisi Panglima TNI sebelumnya, Jendral (purn) Djoko Suyanto. 

3. Prajurit Prabowo saat masih TNI

Foto: Istimewa

Sosok Prabowo dikenal tegas saat masih bergabung dalam TNI. Namun, saat hadir dalam acara perayaan ulang tahun Djoko Santoso di kawasan Bambu Apus Raya, Jakarta Timur, Prabowo mengaku tak pernah memarahi Djoko saat masih jadi prajurit.  Menurutnya, meskipun ia adalah komandan yang keras, namun tak ada satupun sifat Djoko yang membuat atasan bisa memarahinya. 

"Karena dia kerjanya sangat luar biasa. Yang luar biasa, justru karena takdir dia berhasil melewati saya dalam karier. Saya hanya bintang 3, beliau bintang 4,” kata Prabowo. 

4. Bersahabat dengan mentri BUMN Erick Thohir

Foto: Istimewa

Siapa sangka bahwa menteri BUMN Erick Thohir  ternyata merupakan  salah satu sahabatnya dari Jendral Djoko Santoso.

5. Mendukung Prabowo di Pilpres 2014

Foto: Istimewa

Pada pesta demokrasi 2014 silam, sosok Djoko Santoso ternyata sudah mendukung rekan lamanya, Prabowo Subianto. Kala itu Prabowo maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 berpasangan dengan Hatta Rajasa sebagai calon wakil presidennya. Saat itu Djoko  mengaku memilih Prabowo-Hatta karena alasan profesional. "Sebagai TNI dan pernah mendapat pendidikan politik, menilai pasangan Prabowo-Hatta mampu membangun pemerintahan yang baik," kata Djoko.

Nah itu dia guys beberapa fakta mengenai Jendran (purn) Djoko Santoso.




Jendral Djoko SantosoJendral Djoko Santoso MeninggalPrabowo

Share to: