3 Tradisi Lebaran di Indonesia Bakal Enggak Ada, Ambyar!

3 Tradisi Lebaran di Indonesia Bakal Enggak Ada, Ambyar!

3 Tradisi Lebaran di Indonesia Bakal Enggak Ada, Ambyar!

Menyambut Lebaran


Lebaran tahun ini tentunya akan berbeda dengan lebaran di tahun-tahun sebelumnya kan gaes yang biasnya di temani dengan tradisi menarik.

Sayangnya, aktivitas menyambut hari raya idul Fitri sepertinya harus di tunda dulu ya gaes lantaran ada virus Corona yang tengah mewabah di Tanah Air ini.

Kalian pasti akan merindukan beberapa tradisi yang selalu di adakan untuk menyambut lebaran dan tahun ini nggak bakalan ada buka? Apa saja tradisi tersebut yuk simak aja gaes disini.

1. Takbir keliling

Foto: Istimewa

Malam Idul Fitri, takbir keliling telah menjadi tradisi yang telah dilakukan secara rutin dan turun-temurun. Menyenangkan memang mengingat hal ini akan semakin membuat malam lebaran semakin semarak. Namun tahun ini sepertinya akan berbeda, demi mencegah penyebaran Covid-19 diterapkan Physical Distancing yang mengharuskan masyarakat harus tetap tinggal di rumah.

2. Mudik

Foto: Istimewa

Tradisi lain yang juga akan sangat dirindukan adalah mudik. Pemerintah sudah memberikan imbauan agar tahun ini masyarakat Indonesia tidak mudik ke kampung halaman masing-masing. Tentunya keputusan ini dibuat demi mencegah penyebaran Covid-19 di daerahnya.

3. Halalbihalal

Foto: Istimewa

Berkunjung dan saling memaafkan di momen Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang sangat akrab dengan masyarakt muslim di tanah air. Namun, tahun ini pemerintah menghimbau agar segala aktivitas dilakukan di rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah. Maka dari itu, sebaiknya halalbihalal saat lebaran nanti juga dilakukan secara online saja. Zaman semakin canggih, segala aktivitas bisa dilakukan secara online. Menjaga tali silaturahmi tetap bisa diupayakan, misalnya dengan mengirimi anggota keluarga voucher menginap di hotel favorit. Tak perlu khawatir soal harga, karena kebetulan ada banyak promo Ramadan yang bisa dimanfaatkan.

Nah itu dia tradisi menyambut Ramadan yang akan dirindukan oleh umat muslim di Indonesia yang nggak bakal di temui di lebaran tahun ini.




Ramadan 2020Menyambut lebaranHari Raya Idul Fitri

Share to: