Enggak Nyangka, Mark Zuckerberg Kagumi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Pencipta Aljabar

Enggak Nyangka, Mark Zuckerberg Kagumi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Pencipta Aljabar

Enggak Nyangka, Mark Zuckerberg Kagumi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Pencipta Aljabar

Mark Zuckerberg (Foto: Instagram)


Siapa sih yang nggak kenal dengan sosok Mark Zuckerberg? Apalagi mereka yang aktif di mesia social. Mark merupakan pemilik Facebook yang menjadikannya salah satu orang muda terkaya di dunia.

Tapi kamu tau nggak sih kalau Mark sangat mengidolakan ilmuwan muslim Al- Khawarizmi?

“Saya heran ada orang-orang yang terlalu mengidolakan saya, padahal saya sangat mengidolakan ilmuwan Muslim Al-Khawarizmi karena tanpa Algoritma dan Aljabar, maka jangan pernah bermimpi ada Facebook, Whats App, BBM, Line, games bahkan komputer,” kata Mark Zuckerberg.

Lalu siapa sebenarnya sosok Al-Khawarizmi yang diidolakan oleh ?

1.       Nama lengkapnya adalah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi, yang lahir di Uzbekistan(194 H/780 M) dan wafat di Baghdad(266 H/850 M).

2.       Dia adalah perintis dalam ilmu matematika dan ilmu-ilmu pasti yang lain.

3.       Al-Khawarizmi adalah pelopor dalam penggunaan angka nol dalam matematika yang dikenal dengan nama algoritma yang ditulis dalam buku “al-Kitab al-Mukhtasar fi Hisab al-Jabar wa al-Muqabalah (Kompendium tentang Hitung Aljabar dan Persamaan, tahun 825 M). Yang dikenal oleh bangsa Eropa pada 1140 M atas jasa Robert Chester yang menerjemahkan kedalam bahasa Latin dengan judul ”Liber Algebras et Almucabola”.

4.       Algoritma menjadi penting karena angka-angka Romawi, yang digunakan oleh bangsa-bangsa Eropa waktu itu tidak punya angka nol, jadi tidak bisa dipakai untuk angka-angka persepuluhan atau angka-angka di belakang koma.

5.       Al-Khawarizmi juga yang mengenalkan konsep Trigonometri yang terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan), cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri adalah nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat segitiga siku-siku.

6.       Dia juga penemu rumus untuk memecahkan persamaan kuadrat.

7.       Penemuan Algoritma membuat kita mengenal komputer, ATM, medsos bahkan sampai games yang ada di HP

Mark yang mengidolakan Al-Khawarizmi adalah bentuk penghargaan terhadap ilmuwan yang sudah berjasa atas ilmunya.




Al-KhawarizmiMark Zuckerberg

Share to: