Lagi Viral, Perbandingan McDonald's di AS dengan Negara Berkembang, Ternyata Unik Banget

Lagi Viral, Perbandingan McDonald's di AS dengan Negara Berkembang, Ternyata Unik Banget

Lagi Viral, Perbandingan  McDonald's di AS dengan Negara Berkembang, Ternyata Unik Banget

McDonald's (Foto: Pixabay)


Belakangan nama restoran McDonald's menjadi perbincangan karena penutupan yang terjadi di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta.

Namun, disamping itu netizen mulai membahas bagaimana restoran yang banyak dipilih milenial ini tampak berbeda di setiap negara.

McDonald's atau yang sering disingkat menjadi MCD ini pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald. Kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia.

Ternyata McDonald's di luar negri memiliki desain yang lebih bagus dan menarik ketimbang di negara asalnya, lho! Lihat perbandingannya di bawah ini:

Di negara asalnya, restoran yang meyoritas menunya ayam dan hamburger ini memang terlihat biasa saja dan tak segemerlap di negara lain.

Anehnya, MCD jauh lebih mewah dan menarik di negara berkembang! Di Filipina, MCD bahkan nempak sangat mewah dengan desain yang sangat unik.

Tapi apakah restoran McDonald's hanya terlihat bagus ketika dibangun di negara berkembang? Tidak juga karena seorang pengguna Twitter @dent_wahab membagikan potret gedung McD di negara maju lainnya seperti Spanyol, Portugal, Tiongkok dan di AS itu sendiri. 

Bahkan bangunanya nampak lebih berkelas tak seperti bangunan MCD biasanya yang memamerkan warna merah dan kuning secara terang-terangan.

Jadi, apa yang membuat  McDonald's di luar negeri terlihat lebih mewah ketimbang di negeri sendiri? Jawabannya adalah karena jumlah restoran.

Di AS, terdapat lebih dari 13 ribu restoran McDonald's. Sedangkan Spanyol hanya ada sekitar 500 restoran McDonald's. 

Jumlahnya menjadi lebih sedikit di Indonesia, yang ternyata hanya memiliki sekitar 200 restoran di seluruh nusantara.

McDonald's memang memiliki sistem franchise yang membuat siapa saja bisa memiliki restorannya dan membuat gedung yang lebih menarik. 

Namun, itu dirasa tidak begitu penting karena di negeri asalnya dan sejumlah negara sangat maju lainnya, perspektif memakan hidangan McDonald's hanyalah untuk mengenyangkan perut. Di negeri asalnya, harga makanan di McDonald's tergolong murah.




MCDMcDonald'sBangunan McDonald'sMcDonald's di seluruh duniaSejarah McDonald's

Share to: