Anak Baim Wong Digigit Tungau, Apa Itu Tungau? Kenali Yuk Bahayanya

Anak Baim Wong Digigit Tungau, Apa Itu Tungau? Kenali Yuk Bahayanya

Anak Baim Wong Digigit Tungau, Apa Itu Tungau? Kenali Yuk Bahayanya

Paula Verhoeven (Foto: Instagram)


Artis Paula Verhoeven menyatakan, penyebab bentol-bentol yang dialami Kiano adalah karena tungau.

"Kiano kepalanya tungau semua. Bentol semua, ada sepuluh bentolnya," ujar Paula ke suaminya Baim Wong melalui video unggahan di kanal Youtube resmi Baim Paula.

"Padahal, tuh, kamar ini sudah sering di-vacuum, panggil orang ataupun juga vacuum sendiri. Karpet juga, nih. Dan, kalau dia [Kiano] di karpet, selalu dialasi. Tapi, kenapa sering banget, ya?" katanya.

Nah, apakah Tungau itu? Tungau biasanya terkait dengan kutu dan menyerupai serangga, tetapi mereka tidak memiliki sayap dan mata.

Tungau ukurannya sangat kcil sehingga sulit diidentifikasi. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka telah terkena tungau sampai terlihat gigitan kecil di kulit.

Gigitan tungau atau kutu biasanya tidak berbahaya, meskipun terkadang dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, dan nyeri.

Tanda-tanda digigit tungau adalah merah, ruam dan benjolan kecil yang bisa menjadi keras atau meradang Iritasi, gatal, dan nyeri di dekat tanda, ruam, atau benjolan Kulit bengkak atau melepuh di dekat gigitan

Kondisi yang lembab dan berdebu di tempat tidur, sofa, dan kursi kain biasanya terdapat tungau. Tungau juga terdapat di udara dan juga di binatang peliharaan.

Menurut Mayo Clinic, untuk meringankan alergi tungau debu dengan menghindari tungau debu sebanyak mungkin. Gunakan obat untuk mengendalikan gejala. Gigitan tungau bisa menyebabkan gatal, terluka, dan iritasi kulit yang dapat berlangsung selama dua minggu.

Obat pereda nyeri dan krim anti-gatal dapat membantu meringankan rasa gatal dan nyeri. Namun perlu mengunjungi dokter jika alergi belum hilang juga.

Dokter biasanya akan memebrikan resep obat antihistamin untuk meredakan gatal, bersin dan pilek. Tablet antihistamin yang dijual bebas, seperti fexofenadine, loratadine, cetirizine, dan lainnya, serta sirup antihistamin untuk anak-anak. Dekongestan mampu meredakan bengkak di kulit atau alergi di hidung. 




Baim PaulaPaula Verhoeven

Share to: