8 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa, Sambut Lebaran Jangan Kendor Gaes!

8 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa, Sambut Lebaran Jangan Kendor Gaes!

8 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa, Sambut Lebaran Jangan Kendor Gaes!

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Lebaran.

Selama bulan suci Ramadan ini, umat Muslim dan orang-orang yang beriman akan menahan lapar dan haus mulai dari  matahari terbit hingga terbenam.

Bukan hanya itu, mereka juga harus menjaga hati dan pikiran mereka serta berbuat banyak kebaikan  untuk mendapatkan pahala serta keberkahan dari Allah SWT.

Selain itu, salah satu yang harus dilakukan adalah menghindari tindakan atau hal yang makruh. Tujuannya tak lain agar tak mengurangi pahala puasa sehingga bisa mendapatkan kesempurnaan ganjaran di bulan Ramadan.

Tak hanya itu, yuk kenali hal yang bisa mengurangi pahala puasamu!

1. Memeluk dan mencium suami atau istri

Meski sudah menikah, namuan memeluk atau pemcium antara pasangan menikah selama puasa dianggap dapat merusak esensi ibadah. Pasalnya, hal ini dapat mendorong munculnya hawa nafsu.

Memang tak diharamkan, namun mencium atau memeluk pasangannya ketika sedang berpuasa hukumnya makruh. Kita harus bisa menahan hal ini sampai berbuka puasa tiba.

2. Mengeluh lapar dan haus

Di bulan suci ini, kita juga harus bisa melatih kesabaran hati dalam menjalaninya. Akan lebih baik jika kita tidak sedikit-sedikit mengeluh karena beratnya menahan lapar dan haus di bulan puasa.

Dari pada mengeluh, yuk berbanyak bersyukur atas yang sudah kita dapatkan selama ini.

3. Tidak menjaga ucapan

Mungkin ini yag sedikit berat. Karena kamu mungkin bisa saja tidak sadar telah melakukannya.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "puasa yang benar bukan hanya berpantang dari makanan dan minuman, melainkan puasa yang benar adalah dengan menjauhkan diri dari kegiatan yang sia-sia dan pembicaraan cabul."

Tak hanya itu, membicarakan orang lain juga dapat mengurangi pahala puasamu!

4. Makan berlebihan

Meski setelah menahan lapar selama berjam-jam, kamu gak boleh makan berlebihan saat berbuka atau sahur.

Nabi Muhammad mengajarkan untuk tidak berlebih-lebihan dan mengendalikan diri dalam semua aspek kehidupan, serta melarang kita untuk menyakiti diri kita sendiri, orang lain, atau alam.

Selain itu, makan berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Tidur berlebihan

Puasa bukanlah alasan bagi umat Muslim untuk bermalas-malasan. meskipun tenaga kita tak seperti hari-hari biasanya, namun jangan hanya tidur-tiduran saja dengan dalih lemas.

Meski ada hadis yang menyebut, 'tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya diterima, dan pahalanya dilipatgandakan' namun disebutkan oleh tiga perawi bahwa hadis tersebut lemah, mengutip IslamQA. Tidurlah sewajarnya, tidak kurang ataupun berlebihan.

6. Mendengarkan musik dan bermedia sosial 

Jangan membuang-buang waktu dengan menonton TV, bermain game, mendengarkan musik, dan bermedia sosial yang berlarut-larut. Karena hal itu juga bisa mengurangi pahala puasa.

Meski dalam Al-Quran sendiri tidak menyebutkan secara eksplisit bahwa musik itu dilarang, namun saat berpuasa hendaknya lebih banyak melakukan ibadah, mengutip Express.

7. Terlalu sering berkumur

Berkumur terlalu sering dapat mengurangi pahala puasa, lho!

Meski saat bepuasa mulut terasa kering dan beraroma tak segar, namun cobalah tahan keinginan untuk berkumur. Berkumur bisa jadi hal yang mengurangi pahala puasa karena dikhawatirkan ada air yang mengalir ke tenggorokan. Meski masuknya air bisa jadi tidak sengaja, puasa bisa saja batal.

8. Mencicipi makanan

Mencicipi makanan sudah pasti mengijinkan sesuatu masuk kedalam mulut kita. 

Meski niatnya hanya mencicipi dan meludahkannya tanpa menelan apa pun tetap saja hal ini dianggap makruh karena berisiko tercampur dengan air liur dan tertelan masuk ke dalam perut.




BerpuasaHal Mengurangi Pahala PuasaRamadan 2020

Share to: