Wajib Tahu Gaes, Ternyata Begini Suasana Hari Pertama Idul Fitri di Arab Saudi

Wajib Tahu Gaes, Ternyata Begini Suasana Hari Pertama Idul Fitri di Arab Saudi

Wajib Tahu Gaes, Ternyata Begini Suasana Hari Pertama Idul Fitri di Arab Saudi

Suasana lebaran di Arab Saudi


Idul Fitri merupakan momen yang religius bagi umat muslim, namun umat islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan ini dengan kebiasaan Tradisi yang unik.

Biasanya umat Muslim menghadiri salat Idul Fitri di pagi hari di masjid-masjid yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Namun, dalam setiap budaya, ada hal-hal unik yang dipakai untuk mengekspresikan kebahagiaan pada acara suci ini.

Foto: Istimewa

Tapi apakah kalian tahu gaes suasana hari pertama  Idul Fitri di Arab Saudi? Nah bagi kamu yang belum tahu ada seorang warga Arab yang bernama Sultan yang akan memberi tahu kamu mengenai hari pertama di lebaran.

"Sehari sebelum Idul Fitri, saya bersiap untuk perayaan dengan pergi ke tukang cukur dan memastikan pakaian saya bersih. Saya selalu menjahit thobe (jubah) khusus untuk Idul Fitri. Aku mewarisi kebiasaan ini dari ayahku," kata dia.

"Nah, pada hari Idul Fitri, saya pergi bersama ayah dan saudara laki-laki saya untuk shalat Idul Fitri di masjid. Kemudian kami berjabat tangan dengan tetangga kami di masjid untuk menghapus perasaan bersalah di antara kami. Ini adalah kesempatan yang suci, dan kami harus mulai dengan hati yang bersih." sambunynya

Foto: Istimewa

Sultan mengatakan, dari masjid mereka pergi ke rumah kakeknya, di mana paman dan keluarga lainnya bergabung di sana untuk menikmati hidangan hari raya. Setelah itu, mereka mengunjungi kerabat yang tidak bisa datang untuk pertemuan keluarga dengan alasan tertentu di kemudian hari.

Hala, saudara perempuan Sultan, mengatakan, sebagai seorang gadis, dia pun mengikuti pola yang sama.

Berbicara tentang perbedaan antara kebiasaan Lebaran pria dan wanita, Hala berkata: "Pada dasarnya, itu sama."

"Namun, wanita cenderung menghabiskan lebih banyak pada makeup dan pakaian Idul Fitri. Pria begitu sederhana, mereka hanya memakai thobes." kata Hala.




Ramadan 2020LebaranTradisi lebaranSuasana lebaran di arab saudi

Share to: