Intip Yuk Gaes, Momen Lebaran di India untuk Merayakan Hari Kemenangannya

Intip Yuk Gaes, Momen Lebaran di India untuk Merayakan Hari Kemenangannya

Foto

Momen lebaran di India


Momen hari raya Idul Fitri atau yang lebih dikenal di tanah air sebagai Lebaran sebentar lagi akan tiba ya gaes, hari kemenangan ini juga memili kesan tersendiri oleh masing-masing individu umat muslim.

Di Indonesia sendiri setiap daerab memiliki tradisi yang berbeda dalam merayakan Idul Fitrinya kan gaes. Nggak hanya di Indonesia saja lho yang merayakan idul fitri dengan budaya masing-masing.

Seperti negara  India  yang merupakan mayoritas beragama Hindu. Nah di India sendiri hari raya Idul Fitri dikenal sebagai Ramzan-Eid lho. Meskipun menjadi agama minoritas di Negeri Bollywood, rupanya Ramzan-Eid dikenal sebagajn perayaan hari besar islam yang terpopuleh lho gaes disana.

Penduduk India merayakan Ramzan-Eid dengan cara beribadah bersama pada pagi hari di masjid. Atau biasa kamu kenal dengan salat Ied berjamaah gaes.

Salah satu mesjid yang paling populer di datangi oleh para jamaah adalah Masjid Jama di Nelhi. Masjid ini di dirikan oheh Shah Jahan dan menjadi mesjid terbesar lho di India.

Untuk merayakan kebahagiaan saat Ramzan-Eid, penduduk India biasanya mengenakan pakaian baru. Nggak mesti dengan baju gamis atau koko saja. Para wanita disana  bisa menggunakan saree atau pakaian kasual biasa. Sedangkan para pria bisa menggunakan kemeja atau polo shirt. 

Setelah beribadah, masyarakat India akan mengunjungi satu sama lain. Baik keluarga besar maupun teman-teman, mereka bertukar permen atau hadiah dan membuat pesta.

Perayaan Ramzan-Eid di India sebenarnya tidak hanya dimulai ketika hari-H Lebaran tiba, tapi sejak semalam sebelumnya. Hampir mirip dengan Indonesia yang juga merayakan malam takbiran, penduduk India akan membuat sebuah festival. 

Dalam festival tersebut terdapat tradisi Chaand Raat yaitu tradisi menghias tangan dan kaki dengan pola cantik menggunakan mehndi atau henna. 

Setelah beribadah dan bersilaturahmi bersama teman dan keluarga, masyarakat India akan mengisi perut mereka dengan beragam hidangan khas tradisional, seperti nasi biryani, daging kambing, samosa berisi daging dan rempah, manisan, kurma, puding, dan makanan lezat lainnya lho.




LebaranIdul FitriLebaran di India

Share to: