Ternyata Arab Saudi Juga Punya Tradisi Mudik Lho saat Lebaran

Ternyata Arab Saudi Juga Punya Tradisi Mudik Lho saat Lebaran

Ternyata Arab Saudi Juga Punya Tradisi Mudik Lho saat Lebaran

Mudik di arab saudi


Cara merayakan hari Raya Idul Fitri di Negara Arab Saudi ternyata serupa lho gaes dengan di Indonesia, warga Arab juga memiliki mudik Lebaran bersama keluarganya ke kampung halamannya gaes.

Warga Arab juga banyak lho yang menjadi pekerja rantau di sejumlah kota atau negara Timur Tengah lain. Para perantau ini punya tradisi mudik dan merayakan Idul Fitri dengan keluarga dan teman-teman di tempat daerah asalnya.

Menurut peneliti sosial dan budaya Arab Saudi, Fatimah Al-Balawi, perayaan Idul Fitri di desa-desa Arab masih kental dengan tradisinya gaes.

Foto: Istimewa

"Ada perbedaan besar antara perayaan Idul Fitri di desa, kota besar dan kota kecil di Saudi. Perayaan di desa masih kental dengan kesederhanaan, tradisi dan jauh dari kesan monoton hidup di kota," kata Fatimah.

Idul Fitri di desa-desa Arab umumnya dilakukan dengan memasak makanan tradisional, membuat pesta rakyat, balap onta dan acara rakyat lain. Masyarakat desa juga mengenakan pakaian tradisional setempat.

Foto: Istimewa

Psikolog dan Konsultan Keluarga, Sahar Rajab, mengatakan perayaan Idul Fitri di desa-desa Arab memberikan dampak poisitif bagi kesehatan mental individu. Sebab, kegiatan itu menekankan adanya hubungan yang kuat dengan kampung halaman dan teman-teman.




LebaranMomen lebaran di ArabMudik

Share to: