6 Peristiwa Penting Dalam Alquran yang Terjadi di Bulan Ramadan, Wafatnya Sahabat Rosul hingga Turunnya Alquran

6 Peristiwa Penting Dalam Alquran yang Terjadi di Bulan Ramadan, Wafatnya Sahabat Rosul hingga Turunnya Alquran

6 Peristiwa Penting Dalam Alquran yang Terjadi di Bulan Ramadan, Wafatnya Sahabat Rosul hingga Turunnya Alquran

Istimewa


Bulan Ramadan adala bulan penuh berkah dan kemuliaan bagi umat Muslim, tak hanya menjalankan ibadah puasa yang menjadi momen tahunan yang berkesan di hati. Ternyata bulan ramadan memiliki sejarah juga mencatat banyak peristiwa yang terjadi di bulan ramadan. Berikut beberapa sejarah yang terjadi pada bulan ramadan. 

1. Turunnya Al - Quran 

Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama saat Nabi mencapai usia 40 tahun, Allah mengutusnya untuk alam semesta, mengeluarkan mereka dari sesatnya kebodohan menuju terangnya pengetahuan. Tepatnya peristiwa penting ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan 13 tahun sebelum Hijriah.

2. Wafatnya Khadijah 

Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad SAW, Khadijah juga orang pertama yang meyakini Rasulullah dan selalu mendampoingi Beliau selama berdakwah hingga akhir hayat. 

Khadijah RA wafat pada hari ke-11 bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, tiga tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Khadijah wafat dalam usia 65 tahun, saat usia Rasulullah berusia sekitar 50 tahun.

3. Lailatul Qadar 

Malam yang penuh kemuliaan seperti ada di dalam surat Al Qadr. Umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Mendapatkan malam Lailatul Qadar dengan melakukan amalan-amalan, seperti sholat malam, membaca Al Quran, dan berzikir kepada Allah. Setelah melakukan amalan, kita pun dengan keyakinan akan mendapatkan malam Lailatul Qodar.

Lailatul Qadar jatuh pads bulan suci ramadan namun tidak bisa dipastikan jatuhnya pada hari keberapa atau malam keberapa puasa. 

4. Perang Badar 

Salah satu peperangan tersebut adalah perang badar.

Perang Badar Al Kubra terjadi pada bulan Ramadan tahun kedua sesudah Hijrah. Umat Islam berhasil memenangi perang ini. Dalam sejarah, inilah kemenangan agung pertama pejuang-pejuang Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan. Kisah Perang Badar adalah peristiwa yang paling terkenal dan sangat banyak terdapat hikmah dan pelajaran di dalamnya.

Dalam perang ini Rasulullah memimpin langsung aksi penyerangan yang hanya melibatkan sekitar 313 orang muslim, 8 pedang, 6 baju perang, 70 ekor unta, dan 2 ekor kuda. Sedangkan kaum Quraisy memiliki 1.000 orang, 600 persenjataan lengkap, 700 unta, dan 300 kuda.

5. Pembebasan Kota Mekkah 

Pembebasan Mekkah atau disebut Fathu Makkah merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Peristiwa yang terjadi tanggal 10 Ramadhan 8 Hijriyah (tahun 630) menjadi salah satu kemenangan besar bagi kaum muslim.

Dalam peristiwa itu ada satu kisah kebijaksanaan Rasulullah yang menyentuh hati. Kedatangan beliau ke Makkah berhasil membebaskan Makkah dari kesyirikan dan kejahilan tanpa perlawanan dari kaum quraisy. Beliau SAW menunjukkan sifat kearifan dan keadilannya hingga orang-orang kafir quraish ramai-ramai memeluk Islam. Kisah ini juga diceritakan dalam sirah nabawiyah dan kitab kisah nabi dan para sahabat.

6. Wafatnya Ali Bin Abi Thalib 

Suatu ketika pada 17 Ramadan tahun 661 yang bertepatan dengan peristiwa Nuzulul Quran, terjadi insiden yang akan selalu dikenang pengikut Sayyidina Ali. Pada tanggal mulia tersebut terjadi peristiwa di mana Khalifah Ali ditikam pada subuh menjelang salat. Penikamnya bukanlah orang kafir, melainkan sesama kaum muslim.

Ialah Abdurrahman bin Muljam. Seorang muslim taat yang menghabiskan waktunya untuk berpuasa dan juga menghafal Alquran. Ibnu Muljam ini merupakan salah seorang yang berada di kelompok yang kontra dengan kepemimpinan Sayyidina Ali.

"Tidak ada hukum kecuali milik Allah, bukan milikmu dan bukan teman-temanmu, wahai Ali!" seru Ibnu Muljam sembari menyabet Khalifah Ali di bagian kepala. Ia menyabet dengan pedang yang dilapisi dengan racun.

Akibat luka-luka tersebut, menantu Rasulullah SAW itu meninggal dunia setelah lima tahun memimpin umat Islam. Sayyidina Ali merupakan khalifah ketiga secara berturuut-turut setelah Umar dan Utsman yang juga dibunuh.




Turunnya Al - QuranWafatnya KhadijahLailatul QadarPerang BadarPembebasan Kota MekkahWafatnya Ali Bin Abi Thalib

Share to: