Apa Balasan Minal Aidin Wal Faizin? Berikut Jawaban yang Baik dan Benar

Apa Balasan Minal Aidin Wal Faizin? Berikut Jawaban yang Baik dan Benar

Foto

Kolase Foto Ilustrasi Idul Fitri 1442 H (Foto: Paxel)


Banyak yang penasaran dengan apa balasan Minal Aidin Wal Faizin? Simak nih jawaban yang baik dan benar untuk kalimat Minal Aidin Wal Faizin. 

Hari Raya Idul Fitri 1443 H akan segera tiba. Umat muslim pun mulai bersiap menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1443 H. 

Pada momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini dijadikan momen untuk saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga. Biasanya, dalam momen ini banyak orang sering mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin. 

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum paham makna ucapan Minal Aidin Walfaizin. Sehingga tak sedikit pula yang bingung bagaimana menjawabnya. Simak yuk penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA: Kumpulan Doa Hari Raya Idul Fitri Selain Minal Aidin Wal Faizin, Cocok Digunakan untuk Ucapan Lebaran

Makna Minal Aidin Walfaizin

Kata Minal Aidin Wal Faizin adalah frasa yang termasuk ke dalam kalimat. Kalimat tersebut bukanlah kalimat yang sempurna, maksud dari ucapan Minal Aidin Wal Faizin adalah 'orang-orang yang kembali dan beruntung'. 

Ucapan Minal Aidin Wal Faizin adalah kependekan dari "Ja'alanallahu minal aidin wal faizin" yang artinya adalah "Semiga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali (fitrah) dan orang yang mendapat kemenangan"

Perlu diketahui, ucapan Minal Aidin Wal Faizin bukanlah ucapan permintaan maaf atau bahkan ucapan maaf lahir batin. Menurut keterangan Ustaz Adi Hidayat, ucapan minal aidin wal faizin dibuat oleh ulama muta'akhirin. 

Kini, kalimat Minal Aidin Wal Faizin sangat populer diucapkan oleh umat muslim saat momen Hari Raya Idul Fitri. Tak hanya di Indonesia, ucapan tersebut juga populer di negara lain seperti Suriah, Palestina, Lebanon, hingga Yordania. 

Jawaban Minal Aidin Wal Faizin

Lalu, jika ada yang mengucapka Minal Aidin Wal Faizin, apa nih jawabannya? Ucapan Minal Aidin Wal Faizin termasuk dalam doa. Jadi, kamu bisa mengucapkan hal serupa atau ucapan yang lebih baik. Hal tersebut tertuang dalam Surah Al Quran An-Nisa ayat 86.

Wa iza huyyitum bitahiyyatin fa hayyu bi 'ahsana min-ha au rudduha, innallaha kana 'ala kulli sya'in hasiba

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Seungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.(QS An Nisa ayat 86).

Selain itu, karena ucapan tersebut adalah doa, kamu bisa menjawabnya dengan aamiin, aamiin ya Rabb, atau aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.

Kamu juga dapat menjawab minalaidin wal faizin dengan ucapan doa lainnya, yakni kullu ‘aamin wa antum bi khair.

kullu ‘aamin wa antum bi khair

Artinya: Semoga Anda berada dalam kebaikan sepanjang tahun.

BACA JUGA: 15 Lebih Ucapan Idul Fitri dan Lebaran 2022, Penuh Makna dan Doa Untuk Status hingga Kirim Keluarga

Nah itu dia balasan Minal Aidin Wal Faizin yang baik dan benar gaes. 




Minal Aidin Wal Faizinjawaban Minal Aidin Wal Faizinapa jawaban Minal Aidin Wal Faizinmenjawab Minal Aidin Wal Faizinjawaban baikucapan Idul Fitri 1443 H

Share to: