5 Cara Mengolah Kolang Kaling Empuk, Jadi Menu Buka Puasa yang Enak dan Menyegarkan Gaes!

5 Cara Mengolah Kolang Kaling Empuk, Jadi Menu Buka Puasa yang Enak dan Menyegarkan Gaes!

5 Cara Mengolah Kolang Kaling Empuk, Jadi Menu Buka Puasa yang Enak dan Menyegarkan Gaes!

5 Cara Mengolah Kolang Kaling Empuk (Foto: Berbagai sumber)


Yuk simak 5 cara mengolah kolang kaling agar menjadi empuk, bisa dijadikan sebagai menu buka puasa yang enak dan menyegarkan gaes.

Kolang kaling adalah nama sebuah camilan yang kenyal memiliki bentuk yang lonjong dan berwarna putih transparan. Kolang Kaling juga memiliki rasa yang menyegarkan.

Di bulan puasa, kolang kaling selalu diburu oleh masyarakat untuk dibeli. Hal ini karena kolang kaling bisa dijadikan sebagai campuran minuman seperti es buah dan kolak untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Es Kuwut, Minuman Segar Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Namun, tidak banyak tahu cara yang tepat mengolah kolang kaling agar menjadi empuk. Nah, buat kamu yang belum tahu, yuk simak 5 cara mengolah kolang kaling agar menjadi empuk.

1. Direbus dengan Gula

Kamu bisa rebus kolang kaling menggunakan gula saat merebus untuk kedua kalinya.

Kandungan gula bisa menambah cita rasa kolang-kaling agar lebih manis, serta gula juga bisa dijadikan sebagai pengawet alami.

2. Menggunakan Rempah Aromatik

Kamu juga bisa menambahkan rempah aromatik saat mengolah kolang kaling. Hal ini bertujuan agar kolang kaling tidak asam.

Kamu bisa menggunakan rempah seperti kayu manis hingga daun jeruk. Untuk cara mengolahnya kamu harus rebus kolang kaling seperti biasa. Saat kolang kaling  direbus, tambahkan salah satu rempah-rempah aromatik tersebut.

3. Menggunakan Air Beras

Kamu bisa menggunakan air beras untuk mengurangi lendir dan rasa asam dari kolang kaling. Caranya adalah cuci kolang kaling selama beberapa kali, kemudian rendam dengan air beras selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan rebus kolang kaling seperti biasa.

4. Rebus Saat Air Mendidih

Sebelum merebus kolang kaling, biarkan air tersebut mendidih terlebih dahulu, jika sudah mendidih barulah masukan kolang kaling ke dalam wadah tersebut.

Hal ini bertujuan agar kolang kaling tersebut memiliki tekstur yang kenyal dan empuk.

5. Rebus dengan Api Kecil

Kamu juga bisa merebus kolang kaling dengan api yang kecil. Hal ini bertujuan agar kolang kaling tersebut memiliki tekstur yang kenyal dan empuk.

Untuk caranya adalah tuang air ke dalam panci berisikan kolang kaling. Lalu rebus kolang kaling dengan api kecil selama 15 menit.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Usaha dan Jualan di Bulan Puasa Ramadan 2022, Mudah dan Banyak Untungnya

Nah, itulah 5 cara mengolah kolang kaling agar menjadi empuk, bisa dijadikan sebagai menu buka puasa yang enak dan menyegarkan.




Kolang kalingCara mengolah kolang kalingCara merebus kolang kalingMembuat kolang kaling empuk

Share to: