8 Masjid Paling Unik di Dunia, Bikin Melongo Gaes

8 Masjid Paling Unik di Dunia, Bikin Melongo Gaes

8 Masjid Paling Unik di Dunia, Bikin Melongo Gaes

Istimewa


Masjid tempatnya umat Muslim beribadah dan mengadu kepada sang pencipta, namun seiring perkembanagnnya zaman Masjid banyak dijadikan tempat wisata Religi. 

Dengan perkembangannya zaman banyak orang-orang yang mulai berkembang dan mencipatkan inovasi baru dalam membuat design pembangunan Masjid. 

Sehingga masjid sangat nyaman untuk dijadikan tempat beribadah juga menjadi tempat wisata religi, Selain masjid bersejarah, banyak juga masjid yang telah direnovasi atau dibangun baru dengan gaya arsitektur yang kontemporer.

Walau bentuknya tidak biasa, namun gaya arsitektur modern yang diterapkan sebenarnya memiliki banyak fungsi, mulai dari pengaturan cahaya, suhu, sampai irigasi anti banjir.

Berikut sejumlah maskid berdesain unik di dunia: 

1. Masjid Dandaji 

Masjid ini berada di Republik Niger,dibangun sebagai pengganti masjid lama yang direnovasi sebagai perpustakaan. 

Atlelier Masomi seorang arsitektur yang telah mengubah bentuk masjid yang telah ada (namun rusa) menjadi perpustakaan dan pusat komunitas. 

Arsitek merancang penambahan struktural pada bangunan sebelumnya menjadi modular. Rak buku telah digunakan sebagai pembagi untuk menciptakan ruang untuk studi pribadi dan kelompok, sementara ruang kelas tambahan telah ditambahkan untuk mengakomodasi pertemuan masyarakat dan kelas keaksaraan orang dewasa. Lantai mezzanine dari kayu dan logam juga ditambahkan untuk menciptakan ruang ekstra di perpustakaan.

2. The Mosque of Light

Masjid ini berada di Dubai, bangunananya nampak tak banyak pahatan sehingga cahaya matahari dana ngin bisa masuk dengan leluasa kedalamnya. 

Perusahaan arsitek NUDES membuat pahatan secara berlapis, sehingga suhu gerah bisa tersaring. 

3. Masjid Valiasr

Masjid di Tehran, Iran, yang dibangun oleh perusahaan arsitek Fluid Motion Architects ini terbilang kontroversial karena bentuknya yang super modern.

Kubah bulat yang biasanya menjadi struktur khas masjid diganti dengan kubah berbentuk melengkung.

Selain untuk beribadah, masjid berbentuk kontemporer ini juga sering digunakan untuk kegiatan seminar sampai acara publik lainnya.

4. Masjid Al Dana 

Masjid ini terletak di Dubai dan dijadikan mejadi masjid tengara bagi masyarakat sekitarnya. Masjid ini dibangun seluas 2.200 meter persegi. Dan deisgn nya pun terinspirasi  oleh konteks yang menjaga harmoni dengan lingkungan sekitarnya. 

Bentuk bangunannya pun terlihat kerucut melingkat, dengan maksud dapat meminimalisir dampark buruk yang diakibatkan badai pasir terhadap bangunan. Kubah kerucut itu juga digunakan sebagai corong masuk matahari dan angin sejuk saat siang hari.

5. Majid Sancaklar

Masjid ini berdiri di atas padang rumput luas yang berbatasan dengan kawasan sibuk.

Nuansa padang rumput tetap dipertahankan, dengan membuat tangga-tangga batu yang mengikuti kemiringan lahan.

Tangga-tangga ini membuat masjid seakan berada di dalam gua batu.

6. Masjid Amir Shakib Arslan

Masjid yang berada di Moukhtara, Lebanon, ini merupakan hasil renovasi perusahaan arsitek L.E.FT Architects.

Bangunan awal berbahan dasar batu, lalu ditambahi dengan potongan baja putih berbentuk geometris.

Masjid juga ditambahi area taman dengan air mancur yang dikelilingi pepohonan teduh.

7. Masjid King Abdullah Financial District (KAFD)

Berada di Riyadh, masjid yang dibangun oleh perusahaan arsitek Omrania ini dibangun dengan atap geometris bertumpuk, terinspirasi dari bunga mawar dan lapisan kristal.

KAFD merupakan kawasan bisnis di Riyadh, sehingga masjid bergaya modern kontemporer ini terlihat menyatu dengan bangunan megah yang ada di sekitarnya.

Bangunan masjid setinggi tiga lantai dengan luas sekitar 6.000 meter persegi.

8. Masjid Nora

Perusahaan arsitek Emre Arolat Architecture membangun masjid yang berada di Ajman ini bak kerang yang menyembul dari pasir.

Selain masjid dengan kapasitas 2.500 orang, di sekitar area juga dibangun taman berundak dan gedung pertemuan.




MasjidMasjid di duniaMasjid UnikWisata Religi

Share to: