Sering Emosi saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasi Emosi Selama Ramadan

Sering Emosi saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasi Emosi Selama Ramadan

Foto

Cara menahan emosi selama ramadan


Puasa memang nggak hanya sekedar menahan lapar ataupun haus saja ya gaes tapi kita juga di wajibkan untuk menahan emosi atau marah.

Memang sangat sulit ya gaes rasanya jika kita menahan rasa marah  apalagi di bulan Ramadan ini, selain dapat mengurangi pahala puasa kita, rasa emosi atau marah yang berlebih juga bahkan dapat membatalkan puasa kamu lho.

Nah biar kamu bisa menahan amarahmu selama Ramadan dan supaya ibadahmu tetap terjaga berikut 5 cara mengatasi emosi selama Ramadan Gaes, yuk langsung simak aja gaes.

1. Bersabar dan fokus pada ibadah ya gaes

Foto: Istimewa

Cara mengatasi emosi selama puasa Ramadan adalah dengan terus bersabar dan fokus pada ibadah. Jika kamu saat berpuasa sedang berada pada posisi sulit yang pada akhirnya dapat membuatmu marah, cobalah untuk lebih bersabar. Munculkan berbagai pikiran positif yang bisa membantumu meredakan sedikit rasa marah.

2. Lepaskan perasaan dendam

Foto: Istimewa

Menyimpan rasa dendam pada berbagai hal yang terjadi di masa lalu adalah alasan utama yang bisa menimbulkan emosi pada seseorang. Oleh sebab itu, cara mengatasi emosi selama puasa Ramadan dapat kamu lakukan dengan menghilangkan perasaan dendam pada siapapun.

3. Ambil Napas Dalam-dalam

Foto: Istimewa

Mengambil napas dalam-dalam dapat membantumu menenangkan diri dan menghindari rasa marah berlebihan pada seseorang. Untuk mendapatkan manfaat dan potensi relaksasi, kamu bisa mengambil napas dari bagian perut ya gaes.

4. Arahkan kemarahan pada hal yang produktif

Foto: Istimewa

 Alih-alih mengalihkan kemarahanmu pada orang lain akan bisa berdampak buruk, sebaiknya kamu bisa mengarahkan rasa amarahmu pada aktivitas yang lain. Kamu bisa menjadi diri yang produktif dengan contohnya membersihkan rumah, berolahraga, atau melakukan tugas yang sempat tertunda. 

5. Mencoba untuk beristirahat

Foto: Istimewa

Jika kamu saat ini sedang merasakan marah pada seseorang, berikan waktu istirahat pada dirimu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menenangkan diri dan menghindarkanmu dari luapan emosi yang meledak-ledak. Jika kamu telah bisa mengendalikan diri dan mengatur perasaanmu terhadap orang yang membuatmu marah, maka kamu akan cenderung lebih terhindar dari adanya konflik.

Nah itu dia gaes cara mengatasi emosi selama Ramadan ya gaes.




Ramadan 2020Menahan emosi saat Ramadan

Share to: