Ini Doa Khusus Nabi Muhammad di Akhir Ramadan

Ini Doa Khusus Nabi Muhammad di Akhir Ramadan

Ini Doa Khusus Nabi Muhammad di Akhir Ramadan

ilustrasi (Foto: Istimewa)


Bulan Suci Ramadan akan segera berakhir dalam waktu beberapa jam. Umat muslim akan segera berpisah dengan bulan yang sangat mulia di tahun ini.

Setiap muslim berharap agar Allah SWT memberikan kesepatan bagi mereka untuk bisa merasakan Ramadhan tahun depan.

Rasulullah SAW punya doa khusus saat akan berpisah dengan Ramadhan. Doa ini pun bisa menjadi amalan baik yang akan memberikan kebaikan bagi muslim yang membacanya.

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: "Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi,"

Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al-Musthofa SAW: “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah”.

Berikut doanya:

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan puasa yang sia-sia,".

Adapun doa-doa yang lain yang bisa dibaca menjelang akhir bulan Ramadhan yaitu:

“Seandainya masih ada padaku dosa yang belum Engkau ampuni atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.”

“Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik-baiknya penerimaan, perkenan, kemaafan, kemurahan, pengampunan dan keridhaan-Mu. Sehingga Engkau memenangkan aku dengan segala kebaikan, segala anugerah yang Engkau curahkan di bulan ini,”




Bulan Suci RamadanRamadan 2020Doa Akhir RamadanDoa Khusus Nabi Muhammad

Share to: