Sangat Sering Disebut Saat Momen Lebaran, Yuk Kenali Makna dan Sejarah Halal Bi Halal!

Sangat Sering Disebut Saat Momen Lebaran, Yuk Kenali Makna dan Sejarah Halal Bi Halal!

Sangat Sering Disebut Saat Momen Lebaran, Yuk Kenali Makna dan Sejarah Halal Bi Halal!

Istimewa


Bagi umat Muslim tak awam lagi mendengar kata 'Halal Bi Halal', kalimat ini sering diperbicarakan pada saat momen Hari Raya Idul Fitri. 

Umunya pada saat momen lebaran umat Muslim memiliki sejumlah jadwal 'Halal Bi Halal'

Tapi kamu semua tau gak si apa itu Halal Bi Halal yang sesungguhnya? 

Yuk kita bahas bersama apa Halal bi Halal itu!

Asal-usul Halal bi Halal ini bermula ketika anak-anak muda masjid kauman Jogyakarta. Mereka kebingungan mencari tema untuk mewadahi dua moment istimewa. Satu sisi perayaan Idul Fitri sebagai wujud kemerdekaan spiritual dan sisi lain baru saja dilakukan Proklamasi Kemerdekaan RI. Seperti diketahui proklamasi Kemerdekaan RI bertepatan dengan sayyidul ayyam: Jum'at dan sayyidus syahr: Ramadan. 

Bagaimana supaya kedua peristiwa ini terangkum menjadi satu, lalu diadakanlah sayembara kecil-kecilan untuk menemukan tema yang akan ditulis di dalam spanduk. Saat itu muncur berbagai kreasi untuk memaknai suasana batin Idul Fitri.

Halal bi Halal adalah istilah bahasa Arab yang tidak difahami orang-orang Arab. Halal bi Halal memang bukan bahasa Arab normal. Kata tersebut berasal dari akar kata halla-yahillu, berarti singgah, memecahkan, melepaskan, menguraikan, mengampuni. Halal bi Halal kini menjadi istilah lain dari silaturrahim. 

Beda antara keduanya ialah halal bi Halal hanya digunakan untuk mengiringi kepergian bulan suci Ramadhan sedangkan silaturrahim berlaku secara universal, menerobos batas waktu dan tempat.

Halal bi Halal menjadi popular dan diterima semua pihak, karena berisi pesan intergarasi bangsa. Melalui acara Halal bi Halal jangan lagi ada dendam antara satu sama lain. Lapangkan dada dan hilangkan warna-warni perbedaan lokal di hadapan kebesaran Allah Swt. 

Semuanya harus bersatu membangun bangsa Indonesia yang bermartabat dan tetap menjunjung tinggi religiusitas bangsa.

Kini Halal bi Halal menjadi istilah khas dan menjadi budaya Indonesia. Halal bi Halal adalah bahasa Arab yang tidak diketahui maknanya oleh orang-orang Arab. Kalau Halal minal Haram mungkin bisa difahami tetapi Halal bi Halal sebuah kata majemuk yang tidak lazim.

Itulah keajaiban Halal bi halal. Hal yang sangat penting dan positif di dalam acara Halal bi Halal ialah menjalin dan lebih mempererat kembali silaturrahim antara sesame umat Islam (ukhuwwah islamiyyah), sesama warga bangsa (ukhuwwah wathaniyyah), dan sesame umat manusia (ukhuwwah basyariyyah). Setelah sebulan penuh kita banyak berkonsentrasi menjalin hubungan dengan Sang Pencipta.




lebaranlebaran 2020Idul Fitri 1441Hhalal bi halal

Share to: