Lakukan Amalan Bulan Syawal Ini untuk Perbanyak Pahalamu

Lakukan Amalan Bulan Syawal Ini untuk Perbanyak Pahalamu

Foto
Amalan Bulan Syawal(Foto: Instagram)

Keistimewaan bulan Syawal hendaknya wajib kita syukuri terutama bagi umat muslim dengan cara beribadah. Bulan Syawal merupakan momen sekaligus salah satu bulan terbaik setelah bulan Ramadan bagi umat Islam.
Saat datangnya bulan Syawal, biasanya seorang muslim akan dianjurkan untuk semakin meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah SWT. Berikut amalan Bulan Syawal yang baik dilakukan untuk memperbanyak pahala:
1. Puasa 6 Hari Pada Bulan Syawal
Amalan bulan syawal yang baik dilakukan yang pertama adalah berpuasa 6 hari pada saat datangnya bulan syawal. Puasa 6 hari pada bulan syawal ini biasanya dilakukan mulai hari kedua bulan syawal, karena di hari pertama, yaitu saat hari raya idul fitri diharamkan untuk melaksanakan ibadah puasa.
Setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan, puasa 6 hari di bulan syawal ini menjadi pelengkap atau penyempurna amalan pada bulan Ramadan. Walaupun biasa dilakukan pada hari kedua bulan syawal, banyak juga umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa 6 hari di bulan syawal ini pada minggu kedua bulan syawal.
Keutamaan puasa Syawal telah tercantum di dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Hadits itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW.
"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim).
2. Itikaf di Bulan Syawal
Amalan bulan syawal yang baik dilakukan selanjutnya adalah melakukan i’tikaf pada bulan nan mulia ini. Melakukan i’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid merupakan salah satu amalan yang sangat istimewa di bulan syawal.
keistimewaan bulan syawal ini juga dapat sebagai waktu untuk mengganti ibadah I’tikaf yang terlewat atau tidak sempat dilaksanakan saat bulan Ramadan. Bulan syawal hadir sebagai penyempurna dan penambal amalan-amalan yang tidak dapat dilaksanakan saat bulan Ramadan.
3. Sebagai Bulan Silaturahmi
Amalan bulan syawal yang baik dilakukan yang terakhir adalah bersilaturahmi. Bersilaturahmi merupakan salah satu ibadah yang tidak asing lagi di bulan syawal, seperti bersalam-salaman dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman. Nah tapi jangan lupa untuk terus lakukan pshycal distancing dengan bersalaman dari jauh tapa menempel.



Amalan Bulan SyawalLebaran 2020

Share to: