Ikuti 5 Tips Ini Untuk Jaga Sistem Imun Tubuh Tetap Stabil Setelah Lebaran

Ikuti 5 Tips Ini Untuk Jaga Sistem Imun Tubuh Tetap Stabil Setelah Lebaran

Ikuti 5 Tips Ini Untuk Jaga Sistem Imun Tubuh Tetap Stabil Setelah Lebaran

Tips Jaga Imun Tubuh Tetap Stabil Setelah Lebaran (Foto: Instagram)


Momen Hari Raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan orang untuk merayakannya dengan makan besar dan menjadi kalap memakan apa saja.

Namun menurut, Ahli Gizi, Puteri Aisyaffa pada saat kita kalap makan di perayaan idul fitri itu ternyata bisa membuat sistem pencernaan kita kaget lho. Dampaknya, badan kita pun jadi lemah dan rentan sakit. Berikut 5 tips dari Aisya untuk menjaga sistem imun tetap stabil setelah lebaran:

1. Hindari makan kue kering saat perut kosong

Aisya menjelaskan, menurutnya hampir semua kue kering menggunakan margarin yang mengandung lemak trans. Ini merupakan salah satu lemak jahat yang dapat mempengaruhi kenaikan asam lambung dan jangka panjangnya pada kadar kolesterol jahat.

2. Batasi makan makanan berlemak seperti gulai, gorengan, dan jeroan

Selain meningkatkan berat badan, makanan berlemak jangka pendeknya dapat menyebabkan resiko penyakit lambung. Pada beberapa kasus juga mempengaruhi peningkatan tekanan darah yang sangat cepat.

3. Batasi konsumsi minuman manis seperti sirup dan soda.

Sirup, soda, dan minuman dalam kemasan memiliki gula tambahan dalam kadar tinggi. Minuman dengan gula buatan tambahan cenderung meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini bisa membuat badan lebih cepat lemas, karena kadar gula darah tidak stabil.

4. Minum dulu air putih sebelum makan.

Air putih sangat bagus sebagai ‘kendaraan’ untuk mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk membawa nutrisi dalam sistem peredaran darah. Dianjurkan untuk minum air putih 1,5-2 liter sehari.

5. Perbanyak nutrisi dari sayur, buah dan tambahan multivitamin.

Selain kaya dengan kandungan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga tinggi dengan serat. Semua kandungan baik ini sangat bagus untuk keseluruhan sistem tubuh kita. Untuk yang belum bisa memenuhi secara maksimal bahan makanan ini, Anda bisa menambahkan multivitamin agar sistem imun tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit.




Tips Jaga Imun Tubuh Tetap Stabil Setelah Lebaran

Share to: