Pasti Belum Tahu, Ini 5 Momen Tak Terlupakan di Industri Hiburan Korea Tahun 90an

Pasti Belum Tahu, Ini 5 Momen Tak Terlupakan di Industri Hiburan Korea Tahun 90an

Pasti Belum Tahu, Ini 5 Momen Tak Terlupakan di Industri Hiburan Korea Tahun 90an

Kpop generasi 90an


Pada tahun 90an merupakan awal mulanya populernya musik Kpop lho. Di era itu pula banyak terjadi berbagai peristiwa penting yang memorable di Industri hiburan Korea Selatan.

Diantara peristiwa tersebut di era 90an ada beberapa peristiwa yang paling memorable lho gaes yang terjadi di industri hiburan Korea Selatan.

Nah biar kamu nggak penasaran, yuk simak aja gaes lima peristiwa paling memorable yang terjadi di industri hiburan Korea Selatan.

1. Munculnya Seo Taiji and the Boys menandai momen revolusioner dalam sejarah KPop

Foto: Istimewa

Era 90an menjadi era dimana masuknya berbagai genre musik Barat yang populer seperti rap, rock, dan techno ke dalam genre musik Korea. Pada tahun 1992, munculnya Seo Taiji and the Boys yang mana merupakan trio KPop beranggotakan Seo Taiji, Yang Hyun-suk, dan Lee Juno ini berani bereksperimen dengan menggunakan genre musik Barat yang kala itu sangat asing bagi musik Korea.

2. Kematian misterius Kim Sungjae, seorang anggota duo hip hop populer, Deux

Foto: Istimewa

Deux merupakan duo hip hop beranggotakan Kim Sung Jae dan Lee Hyun Do yang populer di tahun 90an. Deux debut pada tahun 1993 dan bubar di tahun 1995 karena anggotanya ingin mengejar karier solo masing-masing.

Tak lama setelah Deux bubar, Kim Sung Jae kemudian melakukan debut solo dengan merilis lagu "As I Told You” pada 19 November 1995. Tragisnya, keesokan harinya ia di temukan meninggal dunia di sebuah hotel.

Pada awalnya Kim Sungjae diduga meninggal dunia karena overdosis setelah ditemukan 28 tanda jarum di lengan kanannya. Hingga saat ini kisah di balik kematian Kim Sung Jae masih menjadi misteri. 

3. Mulai terbentuknya agensi-agensi hiburan yang besar di Korea 

Foto: Istimewa

Pada era 90an juga merupakan era dimana terbentuknya agensi-agensi hiburan yang besar di Korea Selatan. Dimulai pada tahun 1995, produser rekaman Korea Selatan yang bernama Lee Soo Man mendirikan agensi hiburan S.M. Entertainment.

Pada tahun 1996, seorang mantan anggota boyband KPop Seo Taiji and the Boys yaitu Yang Hyun-suk membentuk agensi YG Entertainment. Penyanyi KPop Park Jin-young juga tak mau ketinggalan, ia mendirikan JYP Entertainment pada tahun 1997.

4. Krisis keuangan Asia tahun 1997 membuat beberapa grup KPop mencari pasar baru

Foto: Istimewa

Pada tahun 1997, krisis keuangan menghantam Asia. Termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand dan juga Korea Selatan. Karena terjadinya krisis keuangan itu, ada beberapa grup KPop yang mencari pasar baru guna mendapat penghasilan lebih.

Grup KPop yang mencari pasar baru yaitu boyband H.O.T. yang merilis album berbahasa Mandarin pada tahun 1997 dan disusul oleh girlband Diva yang merilis album berbahasa Inggris bertajuk "Dream" di Taiwan pada tahun 1999.

5. Terjadinya skandal bullying terbesar antar idol KPop

Foto: Istimewa

Pada tahun 1998, masyarakat Korea dibuat geger dengan pemberitaan tentang skandal bullying yang terjadi antar idol KPop. Idol KPop yang terlibat skandal bullying itu adalah Seo Jiyoung dan Lee Jihye yang merupakan anggota dari co-ed grup KPop S#ARP.

Bullyingtersebut terus terjadi dan semakin buruk, sampai akhirnya S#ARP bubar pada tahun 2002. Seo Jiyoung juga diduga mencoba membayar manajer mereka untuk berbohong demi kepentingannya di konferensi pers dalam pembubaran S#ARP. Untungnya sang manajer menolak dan mengungkapkan semuanya kepada publik pada konferensi pers itu.

Nah itu dia gaes  lima peristiwa paling memorable yang terjadi di industri hiburan Korea Selatan era 90an




Kpop

Share to: