Wajib Tahu Nih Gaes! Bacaan surat Al-Kautsar Beserta Arti, dan Keutamaannya

Wajib Tahu Nih Gaes! Bacaan surat Al-Kautsar Beserta Arti, dan Keutamaannya

Foto
foto: istimewa

Surah Al-Kautsar termasuk dalam Surah Makiyyah. Kamu harus tau nih gaes, surat Al-Kautsar ini adalah Surah terpendek dalam Al-Quran karena terdiri 3 ayat saja. Surah Al-Kautsar ini adalah Surah ke 108 dalam Al-Quran. 

Berikut adalah bacaan beserta arti yang terkandung dalam Surah Al-Kautsar.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

1. Sungguh kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

2. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah)

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

3. Sungguh orang-orang yang membencimu, dialah yang terputus (dari nikmat Allah)

Mengutip dari berbagai sumber, ternyata Surah Al-kautsar punya beberapa keistimewaan. Tafsir Al-Quranil'Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb, dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, menjelaskan:

1. Surah Al-kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT telah memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah SAW. Nikmat-nikmat tersebut diantaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga. 

2. Surah Al-kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan salat dan qurban. Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepad-Nya semata.

3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah, merekalah orang-orang yang 'abtar', yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Juga terputus dari sejarah dikenal sebagai orang baik, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.

Itu dia gaes beberapa penjelasan dari Surah Al-Kautsar. Jangan lupa baca Surah ini ya karna banyak sekali pelajaran dan hikmah yang didapat meski dari 3 ayat.




RamadhanKareemRamadhan 2020

Share to: