Kenalin Nih, Adrian Zakhary: Komisaris Milenial BUMN 'PTPN' yang Bakal Jadi Inspirasi Kaum Muda

Kenalin Nih, Adrian Zakhary: Komisaris Milenial BUMN 'PTPN' yang Bakal Jadi Inspirasi Kaum Muda

Foto

Adrian Zakhary (Foto: dok. Istimewa)


Ada kabar gembira nih dari Kementrian BUMN gaes. Keinginan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menempatkan lima persen generasi milenial di unit strategis BUMN bukan cuma rencana lho.

Akhirnya Erick Thohir mulai merealisasikan rencana itu gaes. Satu per satu, Erick mulai menempatkan generasi di bawah 40 tahun di unit strategis BUMN. Nah, kali ini Erick menunjuk Adrian Zakhary yang kini berusia 32 tahun sebagai Komisaris di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Perlu diketahu nih, Adrian Zakhary lahir di Palembang 3 Februari 1987. Ia memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian dari Universitas Padjajaran Bandung pada 2009. Adrian pun mendapat gelar Magister Ekonomi setelah meneruskan pendidikan di Universitas Indonesia pada 2016. 

Sebelum duduk sebagai Komisaris PTPN VIII, ia mengawali karir pada 2008 di dunia radio sebagai announcer, reporter, sampai pernah jadi produser juga lhoh. Pada 2010, Adrian Zakhary beralih ke dunia televisi sebagai Video Journalist Trans TV.

Kemudian, ia beralih ke NET TV menduduki jabatan sebagai Produser Program Berita dari November 2012 hingga September 2016, Kepala Bagian Digital pada Media Sosial dan Digital di MNC Medai Group dari September 2016 hingga Maret 2017.

Pada Maret 2017 hingga Oktober 2018, Adrian berkarir di Alibaba Group sebagai Senior Operations Manager dan Senior Content Manager. Lepas dari Alibaba Gruop, Adrian melanjutkan karir sebagai Senior Marketing Manager DOYO TV dan Chief Operating Officer di Verta Media.

Selanjutnya, ia berkarir sebagai Senior Konsultan Independen untuk TikTok Indonesia, Senior Konsultan Independen untuk Alibaba Cloud dan UC Browser, dan Chief Executive Officer (CEO) PT Visualogy Teknologi Zakhary (VTZ) periode 2018 hingga 2020.

Akhirnya, pada April 2020 hingga Juni 2020 ia terpilih sebagai Komisaris PTPN II dan kini menjabat sebagai Komisaris Independen PTPN VIII. 

Bukan main ya perjalanan mas Adrian ini. Masih muda tapi sudah menuai banyak pengalaman dan pencapaian. Gak heran, kalau Erick Thohir memilihnya sebagai Komisaris PTPN VIII karena perjalanan karirnya yang cemerlang. Perjalanan anak muda seperti mas Adrian ini bisa memotivasi anak muda sekaligus jadi inspirasi gaes.

Sebelumnya, Erick Thohir juga menempatkan generasi milenial di BUMN, yakni subholding PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Ia menunjuk Fadli Rahman yang berusia 33 tahun sebagai Komisaris PHE pada 20 Januari 2020. 

Erick juga berencana menempatkan generasi milenial sebagai salah satu direksi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Keputusan tersebut akan dilakukan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Telkom, Jumat, 19 Juni 2020.

"Telkom nanti salah satu direksinya, bocoran nanti ini, salah satu direksinya usianya di bawah 40 tahun," ujar Erick Thohir dalam webminar.




Update BUMNKabar BUMN

Share to: