'Obat Pasar' Berbasis Dexamethasone Dikabarkan Ampuh Sembuhkan Corona! Berikut faktanya

'Obat Pasar' Berbasis Dexamethasone Dikabarkan Ampuh Sembuhkan Corona! Berikut faktanya

'Obat Pasar' Berbasis Dexamethasone Dikabarkan Ampuh Sembuhkan Corona! Berikut faktanya

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Para pakar kesehatan di Inggris telah menemukan obat murah yang sudah tersedia di pasaran untuk membantu menyembuhkan pasien virus corona.

Obat tersebut adalah Deksametason (Dexamethasone). 

Deksametason yang merupakan obat perawatan steroid dosis rendah disebut sebagai terobosan besar dalam perang melawan virus mematikan itu.

Obat ini biasa dijual dan telah digunakan sejak awal 1960-an untuk mengatasi peradangan, reaksi elergi dan penyakit autoimun.

Dilansir dari CNBC International, hasil uji coba telah diumumkan Selasa, 16 Juni 2020. Deksametason bisa mengurangi tingkat kematian akibat Covid-19 hingga 1/3 pada kasus-kasus serius.

Penelitian juga menunjukkan bahwa obat ini harus segera menjadi perawatan standar pada pasien.

"Hasilnya menunjukkan bahwa jika pasien yang memiliki Covid-19 dan menggunakan ventilator atau oksigen, lalu diberi deksametason, itu akan menyelamatkan nyawa, dan biaya-pun sangat rendah," kata Martin Landray, seorang Profesor Oxford yang ikut memimpin persidangan penelitian itu.

Percobaan telah dilakukan dan membuktikan bahwa obat ini bisa mengurangi risiko kematian hingga sepertiga dari pasien bahkan yang telah menggunakan ventilator. 

"Ini adalah satu-satunya obat yang sejauh ini terbukti mengurangi angka kematian dan menguranginya secara signifikan," kata peneliti utama riset ini Peter Horby.

Selain banyak tersedia, obat yang dapat menyelamatkan seluruh dunia ini juga tak mahal. 

Namun, untuk yang tidak memerlukan dukungan alat pernapasan, tidak ditemukan manfaat dari pengobataan obat ini. Sehingga Horby menegaskan manfaat obat ini adalah "untuk bertahan hidup pada pasien yang memerlukan perawatan oksigen".




DeksametasonObat CoronaObat DeksametasonFakta Deksametason

Share to: