Ramai Obrolan Jokowi - Donald Trump, Mau Pindahkan Pabrik AS dari China ke Kawasan Industri di Jateng?

Ramai Obrolan Jokowi - Donald Trump, Mau Pindahkan Pabrik AS dari China ke Kawasan Industri di Jateng?

Foto

Jokowi dan Donald Trump (Foto: dok. Istimewa)


Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi dan Donald Trump sempat membahas rencana relokasi pabrik-pabrik AS dari China ke Indonesia. Salah satu kandidat utamanya adalah Kawasan Industri Brebes (KIB). Ternyata gaes, ada kandidat lain yang dijadikan opsi oleh pemerintah untuk mewujudkan relokasi ini. 

Pemerintah menyebut wilayah Batang Jawa Tengah sebagai kandidat lokasi lainnya. Lokasi Brebes-Batang lumayan berjauhan, terpaut dengan tiga kabupaten yaitu Tegal, Pemalang, dan Pekalongan, Jawa Tengah.

Dalam beberapa waktu terakhir, proyek pengembangan kawasan industri di Brebes mengalami kendala pembebasan lahan. Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Erick Thohir sempat memberi sinyal kandidat lokasi relokasi pabrik AS akan dipindahkannya ke wilayah Batang.

"Justru kita yang mengusulkan pindah ke Batang," ujar Staf Kementrian BUMN, Arya Sinulingga. 

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut kawasan Kabupaten Batang sebagai lokasi relokasi pabrik-pabrik AS dari China ke Indonesia, bukan Brebes.

"Kita siapkan 4.000 hektare di Batang, kawasan industri karena mau ada pindahan dari Tiongkok itu kan, yang kemarin kita nggak dapat apa-apa, sekarang kita siapkan 4.000 hektare di Batang di tanah PTPN IX," katanya.

Namun, lokasi baru seperti Batang ternyata gak menjamin bisa bebas dari persoalan lahan gaes. Ada 4.000 haktare, lahan milik  PTPN IX belum bisa dibebaskan, bahkan sempat membuat Presiden Jokowi marah lho.

"Pak Presiden marah-marah ini PTPN punya jutaan hektar minta 4.000 saja ewel, kita kalah bersaing, ini kan saling bersaing memberikan service," kata Basuki dalam video conference, Sabtu 27 Juni 2020.

Pemerintah pusat melalui, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyiapkan 27 kawasan industri baru yang akan dibangun dalam kurun waktu 2020-2024. Salah satunya di Brebes, Jawa Tengah.

Pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB) merupakan amanat Presiden Joko Widodo, untuk menjadikan Brebes sebagai kawasan industri baru yang bakal mendorong tumbuhnya investasi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sekaligus upaya mengurangi kemiskinan. 




Joko WidodoDonald TrumpErick Thohir

Share to: