Apa Sih Arti Reshuffle? Termasuk Pengetahuan Dasar Lho, Milenial & Gen Z Wajih Tahu

Apa Sih Arti Reshuffle? Termasuk Pengetahuan Dasar Lho, Milenial & Gen Z Wajih Tahu

Apa Sih Arti Reshuffle? Termasuk Pengetahuan Dasar Lho, Milenial & Gen Z Wajih Tahu

Reshuffle (Foto: dok. Istimewa)


Akhir-akhir ini, reshuffle kabinet tengah ramai diperbincangkan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung akan hal tersebut. Tapi, tahu gak sih apa arti kata reshuffle itu? Sebagai milenial dan gen Z, kamu harus paham nih arti kata reshuffle.

Reshuffle adalah perombakan kabinet atau pergantian kabinet. Istilah itu berasal dari bahasa Inggris yaitu cabinet reshuffle.

Mengutip Kiddle, kabinet adalah sekelompok orang penting yang ada di pemerintahan. Biasanya mereka inilah yang mewakili kepala pemerintahan. Kabinet dikenal sebagai Dewan Menteri atau Dewan Eksekutif. Orang-orang di kabinet disebut menteri dan masing-masing menteri melakukan hal-hal yang berbeda. Di kebanyakan negara dengan sistem parlementer, kabinet mempunyai wewenang memutuskan kebijakan pemerintah.

Sedangkan, menurut Oxford Learner's Dictionaries, kata reshuffle berarti mengubah pekerjaan yang dilakukan sekelompok orang, misalnya dalam pemerintahan. Reshuffle bisa diartikan sebagai pertukaran posisi (anggota tim, terutama menteri pemerintah). Dalam bidang politik, istilah reshuffle mengacu pada reshuffle kabinet.

Jadi lengkapnya, reshuffle kabinet adalah perubahan dalam anggota-anggota kabinet pemerintah, yang diputuskan oleh kepala pemerintahan (misal, perdana menteri atau presiden).

Dalam era pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024 sendiri, ada 38 menteri dan pejabat setingkat menteri. Nama kabinet era pemerintahan Presiden Jokowi (2019-2024) adalah Kabinet Indonesia Maju. 




Sedikit InfoUpdateInfo Update

Share to: