8 Cara Alami Menurunkan Asam Urat, Gampang Banget Dicoba Gaes~

8 Cara Alami Menurunkan Asam Urat, Gampang Banget Dicoba Gaes~

8 Cara Alami Menurunkan Asam Urat, Gampang Banget Dicoba Gaes~

Cara alami menurunkan asam urat (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menurunkan asam urat ada cara alami nih yang pastinya gampang banget buat dicoba gaes. 

Asam urat merupakan penyakit yang biasanya sering menyerang orang yang sudah lanjut usia. Tapi fakta dibalik itu, ternyata penyakit ini juga bisa menyerang segala usia lho, termasuk kalangan muda usia 20 tahunan gaes.

Gejala asam urat bisa menyebabkan nyeri sendi, pembengkakak, dan rasa panas di persendian. Makanya penting banget buat kamu untuk selalu waspada terhadap penyakit ini gaes. 

BACA JUGA: Tips Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan alami, Cek Disini Gaes!

Pasalnya, nggak cuma radang sendi, gejala penyakit asam urat juga terkadang disertai dengan pembentukan kristal natrium urat besar lho. 

Nah, buat kamu yang punya penyakit asam urat penting banget nih tahu cara alami menurunkannya. Penasaran gimana caranya? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Batasi Konsumsi Gula 

Biasanya asam urat kerap dikaitkan dengan makanan tinggi purin. Tapi menurut penelitian terbaru mengungkap kalau gula juga bisa menjadi penyebab asam urat lho.

Para peneliti menemukan jenis gula olahan, terutama fruktosa secara khusus bisa menyebabkan kadar asam urat naik gaes. 

Kondisi ini terjadi karena penyerapan gula olahan yang lebih cepat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan jumlah asam urat lebih tinggi. Makanya, untuk menurunkan asam urat kamu harus membatasi konsumsi gula harian ya gaes.

Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Makanan yang mengandung purin tinggi merupakan makanan yang bisa menyebabkan asam urat. Asam urat merupakan produk limbah alami dari pencernaan makanan dengan kandungan purin gaes.

Semakin tinggi kandungan purin dalam makanan yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula kadar asam urat yang bisa menyerang gaes.

Buat kamu yang mau menurunkan kadar asam urat secara alami sebaiknya hindari makanan kaya purin seperti ikan, kerang dan kacang-kacangan. 

Banyak Minum Air Putih

Penting bagi kamu untuk banyak minum air putih dan selalu terhidrasi. Tetap terhidrasi bisa membantu mengurangi risiko serangan gout.

BACA JUGA: Kisah Fahd Pahdepie Hadapi COVID19, Berbagi Tips Kesembuhan dan Makna Ikhlas

Hal ini dikarenakan asupan air yang cukup bisa membantu tubuh mengeluarkan asam urat berlebih dari darah dengan cara membuangnya ke dalam urin gaes. 

Kurangi Stres

Cara alami berikutnya adalah kurangi stres. Pasalnya, pikiran yang berlebihan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan dan juga pada kadar asam urat. Sehingga penting buat kamu untuk menjaga pikiranmu tetap jernih dan nggak stres. 

Informasi aja nih, stres, kebiasaan tidur buruk, dan kurangnya olahraga bisa meningkatkan risiko peradangan. Peradangan sendiri bisa memicu asam urat tingkat tinggi gaes. 

Kamu bisa menghindarinya dengan mengatur pola tidur, jangan terlalu memikirkan hal tidak penting dan sesekali pergi ketempat hiburan. 

Perbanyak Makanan Berserat 

Makanan yang berserat tinggi termasuk makanan sehat yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi lebih banyak serat akan membantu tubuh untuk membuang asam urat lho gaes. 

Selain itu, makanan serat juga bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin. Memilih makanan berserat juga meningkatkan rasa kenyang dan membantu menurunkan risiko makan berlebihan.

Rutin Berolahraga 

Olahraga yang rutin bisa membuat tubuh selalu bugar dan tetap sehat. Selain itu, olahraga teratur juga merupakan cara lain yang bisa mencegah asam urat gaes. 

Olahraga nggak hanya membantu mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat, tapi juga bisa menjaga kadar asam urat tetap rendah.

Minum Vitamin C 

Penelitian mengatakan kalau suplemen vitamin C bisa membantu mencegah serangan gout dengan menurunkan kadar asam urat lho.

Kemungkinan besar vitamin C membantu ginjal mengeluarkan lebih banyak asam urat dalam urin. Sehingga baik buat kamu untuk selalu mengkonsumsi vitamin C ya gaes. 

Hindari Minuman Beralkohol 

Selain cara alami yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga harus menghindari minuman beralkohol untuk menurunkan asam urat gaes. Pasalnya, minuman beralkohol merupakan pemicu umum untuk penyakit asam urat.

BACA JUGA: Tips Dan Trick Menghemat Uang Anti Ribet, Cocok Buat Millenial dan Gen Z Nih!

Mengonsumsi makanan atau minuman beralkohol akan membuat asam urat semakin menumpuk dan membentuk kristal, akibatnya bisa meningkatkan kadar asam urat pada tubuh gaes. Jadi sebaiknya untuk mengurangi konsumsi alkohol ya gaes. 

Nah, itu dia 8 cara alami menurunkan asam urat yang gampang banget buat dicoba gaes. Semoga membantu~(Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Menurunkan Asam UratCara Alami Turunkan Asam UratTips Turunkan Asam UratGejala Asam UratPenyebab Asam UratPenyakit Asam Urat

Share to: