Kisah Fahd Pahdepie Hadapi COVID19, Berbagi Tips Kesembuhan dan Makna Ikhlas

Kisah Fahd Pahdepie Hadapi COVID19, Berbagi Tips Kesembuhan dan Makna Ikhlas

Foto
Kolase Foto Fahd Pahdepie dan buku Saya Akan Sembuh (Foto: Instagram @fahdpahdepie

Fahd Pahdepie, seorang pengusaha, penulis dan pendiri Amanat Institute membagikan kisahnya ketika melawan hingga sembuh dari COVID19 melalui sebuah buku bertajuk 'Saya Akan Sembuh'. Simak yuk kisah Fahd Pahdepie berikut ini.

Buku berjudul 'Saya Akan Sembuh' yang dirilis pada 20 Januari 2021 ini ditujukan untuk para pasien, keluarga, penyintas, COVID19, dan tenaga kesehata serta satgar COVID19. Buku ini berisi edukasi seputar bahaya COVID19 dan cara menghadapinya.

Ini dia kisah Fahd Pahdepie saat menghadapi COVID19. 

1. Awal mula dinyatakan terinfeksi COVID19

Fahd Pahdepie pertama kali dinyatakan terinfeksi COVID19 pada Senin, 21 Desember 2020 lalu. Namun sejak 18 Desember 2020 Fahd memang sudah merasa ada sesuatu yang aneh di badannya. Pada hari berikutnya, ia mulai menggigil dan mengalami flu. Ia pun melakukan tes rapid namun hasilnya non reaktif. Belum puas dengan jawabannya, ia pun melakukan PCR Test dan akhirnya dinyatakan positif COVID19 pada 21 Desember 2020.

2. Gejala yang dirasakan Fahd

Ada beberapa gejala yang dirasakan Fahd selama beberapa hari sebelum dinyatakan positif COVID. Dia mengalami flu, mulai nyeri otot, dan saat dilakukan scan 3D paru-parunya terdapat kesan flek putih kecil. 

3. Melakukan isolasi Mandiri

Setelah melakukan Swab PCR ke rumah sakit akhirnya Fahd pun memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah karena rumah sakit di sekitar Jabodetabek penuh. Karena mengetahui ia terjangkit COVID19, ia kemudian melakukan Swab Test ke seluruh orang yang ada di rumahnya, termasuk asisten rumah tangganya. Dan hasilnya, ternyata salah satu asisten rumah tangganya terjangkit COVID19 namun tanpa gejala. 

4. Mulai masuk Rumah Sakit

Selama isolasi mandiri di rumah, Fahd sempat menyewa tabung oksigen untuk menjaga kadar oksigen dalam tubuhnya. Namun, karena kondisinya makin memburuk dan ada pengentalan darah, Fahd pun kemudian dibawa ke rumah sakit untuk diberi penanganan serius. 

5. Ikhlas karena penyakit merupakan penggugur dosa

Di tengah-tengah masa saat ia menghadapi COVID19, ia harus rela berjauhan dengan anak-anak dan istrinya. Ia juga melewatkan 11 tahun anniversary pernikahannya saat masih menderita COVID. Namun, bagi Fahd penyakitnya ini adalah sebuah penggugur dosa-dosanya, jadi ia ikhlas dan terus berupaya untuk sembuh. 

6. Tetap percaya bahwa akan sembuh

Suatu pagi, Fahd memberi afirmasi positif keada dirinya. Ia terus berpikir positif dan berdoa kepada Allah agar bisa disembuhkan. Dengan dukungan keluarga dan terutama istrinya, ia terus berupaya dan percaya akan sembuh.  

7. Terapi Plasma Konvalesen

Setelah beragam hal yang ia lewati, akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan terapi Plasma Konvalesen kepada Fahd. Terapi ini dilakukan dengan mentransfusikan plasma darah survivor COVID19 yang sudah sembuh untuk mengajari sel-sel darah Fahd membentuk antibodi untuk melawan COVID19. Perlahan, kondisinya pun membaik. 

8. Masa Pemulihan 

Akhirnya Fahd sudah melewati masa-masa kritis enghadapi COVID19. Ia pun masuk ke masa pemulihan dan menunggu hasil tes swab berikutnya. 

9. Sempat mencoba alternatif lain selain medis

Banyak sekali alternatif pengobatan lain selain medis yang disarankan kepada Fahd. Dari mulai minum jamu, madu, terapi kayu putih, empon-empon dan masih banyak lagi. Fahd sempat mencoba salah satu terapi yang dipercaya bisa membantu pasien COVID, yaitu membersihkan hidung dengan betadine kumur. Namun, hidungnya justru mimisan dan akhirnya ia berhenti melakukannya. Menurut Fahd, boleh saha melakukan terapi atau alternatif lain, namun pilihlah yang benar-benar meyakinkan, teruji klinis, dan berdampak baik. 

10. Akhirnya dinyatakan sembuh

Setelah melewti hari-hari berat bersama COVID19, akhirnya pada 5 Januari 2021 lalu, Fahd dinyatakan sembuh dan boleh pulang ke rumahnya. Ia pun berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, maupun pihak-pihak lainnya yang sudah peduli dan membantunya melawan COVID19. 

Nah itu dia perjalanan Fahd Pahdepie menghadapi COVID19. Ia juga memaparkan beberapa tips saat menghadapi COVID19, dari mulai isolasi mandiri hingga alternatif pengobatan lain yang bisa dilakukan. 




Fahd Pahdepiekisah Fahd Pahdepieperjalanan Fahd Pahdepie hadapi COVID19Fahd Pahdepie terjangkit COVID19Buku Saya Akan SembuhKisah Fahd Pahdepie hadapi COVID19Tips Sembuh Fahd PahdepieTerapi Plasma Konvalesen

Share to: