Raditya Dika Ngobrol Soal YouTube dari Awal Bareng Jovi & Dovi 'Skinnyindonesian24', Topiknya Bikin Penasaran

Raditya Dika Ngobrol Soal YouTube dari Awal Bareng Jovi & Dovi 'Skinnyindonesian24', Topiknya Bikin Penasaran

Raditya Dika Ngobrol Soal YouTube dari Awal Bareng Jovi & Dovi 'Skinnyindonesian24', Topiknya Bikin Penasaran

Foto: YouTube Raditya Dika


Youtuber kakak beradik Jovial Da Lopez dan Andovi Da Lopez memutuskan pamit dari Youtube yang telah membesarkan namanya selama 10 tahun terakhir. Mengusung nama Skinnyindonesian24, Da Lopez bersaudara ini memutuskan hingga setahun ke depan akan jadi tahun terakhir mereka di Youtube. 

Melihat hal itu, Raditya Dika mengundang Jovi dan Dovi untuk menceritakan beragam kisahnya saat memulai YouTube SkinnyIndonesian24. Ternyata, dulu Jovi Dovi pernah meminta Raditya Dika untuk collab bareng dengan Panji 6 tahun silam. 

"6 tahun yang lalu kalian dateng ke gua, terus minta, boleh gak collab sama lu sama panji. Trus gue iyain kan ama Panji, ayo kita luangin waktu yuk buat Dovi ama Jovi," kata Dika. 

Ternyata video tersebut tak akan ditayangkan oleh Dovi dan Jovi karena mereka mengaku kehilangan file tersebut.  Perbincangan Raditya Dika dengan Dovi dan Jovi makin menarik ketika mengungkap kebiasaan orang yang akan memulai untuk serius di YouTube.

Menurut Jovi, saat ini banyak calon YouTuber baru yang menanyakan soal cara agar kontenya laku dan banyak penontonnya. Lebih banyak yang berpikir soal hal tersebut dibandingkan memikirkan isi konten itu sendiri.

“Masalahnya gini, pertanyaannya dari dulu lihat orang bikin YouTube, 'kak gimana cara bikin konten', itu pertanyaan dasar dari dulu, sekarang orang 'kak bagaimana cara konten gue laku',” tutur Jovi dalam Channel YouTube Raditya Dika, Senin 29 Juni 2020.

“Orang sudah langsung nanya, kak gimana cara bikin konten yang laku yang banyak views, itu pertanyaan makin kesini,” tambah Jovi.

Mendengar hal itu, Raditya Dika sempat menyinggung soal adsense atau iklan di sela-sela penayangan YouTube yang hanya bisa didapatkan jika jumlah penonton tinggi.

“Kita tentu enggak bisa bilang secara pasti ‘oh ini karna adsense’, ‘karena ini’, enggak, tapi yang gue tahu adalah gue selalu ngomong ini sama kak Jovi, ketika tujuan utama lu adanya ‘eh ini adalah duit’, lu akan menghalalkan atau menggunakan cara apapun untuk mencapai tujuan tersebut,” sahut Dovi.

Kakak beradik itu juga mengatakan mereka bukan orang yang munafik menganggap uang tak penting, tapi lebih tepat dikatakan mereka suka uang bukan gila uang.

Jovi dan Dovi juga tak mempermasalahkan orang yang memanfaatkan YouTube sebagai media untuk berbisnis. 

“Enggak ada yang bilang enggak boleh bisnis, gue sama kak Jo mendapatkan duit dari YouTube, enggak ada yang bilang itu salah,” kata Dovi. “Bukan (hasil) adsence gue tekankan ya,” timpal Jovi.

Mengenai keputusan untuk menyudahi kanal YouTube SkinnyIndonesian24, baik Jovi dan Dovi menegaskan mereka tak punya masalah dengan YouTuber manapun.

“Tapi gue jujur, Dit, enggak ada masalah sama sekali sama orang yang mau memonetasi lewat YouTube, enggak ada,” ujar Dovi.

Meskipun tak secara gamblang mengungkap alasan pamit dari YouTube, Andovi hanya mengatakan alasan pribadi. Sementara itu Jovial menuturkan alasannya menyangkut dengan sistem YouTube masa kini.




Jovial Da LopezAndovi Da LopezRaditya DikaYoutuberYouTube

Share to: