Viral, Ini Asal Usul Mangkuk Ayam Jago, Wadah Legendaris Semua Pedagang Gerobak yang Wow Banget

Viral, Ini Asal Usul Mangkuk Ayam Jago, Wadah Legendaris Semua Pedagang Gerobak yang Wow Banget

Viral, Ini Asal Usul Mangkuk Ayam Jago, Wadah Legendaris Semua Pedagang Gerobak yang Wow Banget

Asal Usul Mangkuk Ayam Jago (Foto: Instagram)


Mangkuk bergambar ayam jago memang menjadi mangkok lagendaris dan familiar yang digunakan oleh penjual dagangannya, mulai dari penjual bakso sampai abang-abang tukang bubur.

Walau familiar ternyata mangkuk ini bukan berasal dari Indonesia lho. Namun pada 2017 lalu sempat beredar kabar kalau ada satu perusahaan di Indonesia yang mengklaim gambar ayam jago di mangkuk itu milik mereka. Bahkan siapapun yang memakai gambar itu tanpa seizinnya bakal didenda sampai 2 miliar!

Nah penasaran kan dnegan asal-usul mangkuk ayam jago yang lagendaris ini? Simak yuk!

1. Mangkuk ayam jago ini ternyata berasal dari Tiongkok lho. Di sana mangkuk ini dikenal dengan nama Jigongwan, Gongjiwan, atau Jijiaowan. Selain sebagai perlengkapan makan ternyata mangkuk ini sering jadi properti film-film Hong Kong karya Stephen Chow tahun 90-an

2. Tapi jauh sebelum mangkuk ini muncul di film-film Cina, ternyata keberadaannya sudah ada sejak zaman Dinasti Ming, tepatnya saat dipimpin oleh Kaisar Chenghua (1465-1487) atau sekitar tahun 1400-an! Kaisar memesan cawan tersebut khusus untuk dirinya dan istrinya sebagai tanda cinta.

3. Ternyata secara simbolis, gambar ayam jago itu punya makna yang begitu dalam. Kata Ji yang berarti ‘ayam’, mirip bunyinya dengan kata Jia yang berarti ‘rumah’. Sedangkan gambar tanaman peoni yang bersanding dengan gambar ayam jago melambangkan kekayaan. Sementara pohon pisang yang berdaun lebar, bermakna keberuntungan untuk keluarga. 

4. Pada 1776 ada Kaisar Qian Long (1735-1796) yang bahkan sampai membuat puisi khusus yang memuja mangkuk ayam jago itu, saking sukanya. Pada dinasti ini mangkuk legendaris tersebut mulai diproduksi massal dan digunakan semua kalangan.

5. Pada abad ke 20, mangkuk ayam jago mulai dibawa oleh perantau ke negara-negara tetangga hingga ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Yang mulanya diproduksi di Provinsi Guangdong, kini pabriknya sudah bisa ditemui di banyak negara, termasuk Indonesia.

6. Tahun 2017 kemarin, PT Lucky Indah Keramik asal Indonesia mengklaim kalau gambar ayam jago ikonik itu adalah miliknya. Informasi itu disebarkan lewat sebuah surat kabar. Mereka menyatakan cuma mereka lah yang berhak memproduksi, menggunakan, dan memperdagangkan lukisan ayam jago tersebut. Buat yang coba-coba melanggar, akan ada sanksi pidana penjara 5 tahun dan denda 2 miliar!




Asal Usul Mangkuk Ayam JagoViral

Share to: