Fakta Unik Gibran Rakabuming: Lulusan Luar Negeri hingga Sukses Bisnis Kuliner Gaes

Fakta Unik Gibran Rakabuming: Lulusan Luar Negeri hingga Sukses Bisnis Kuliner Gaes

Fakta Unik Gibran Rakabuming: Lulusan Luar Negeri hingga Sukses Bisnis Kuliner Gaes

Foto: Istimewa


Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memang dikenal dengan sosoknya sebagai pebisnis yang sukses dan keunikannya. Kisah sukses uniknya dari bisnis kuliner hingga latar belakangnya yang merupakan lulusan luar negeri. 

Sosoknya yang merakyat meski telah menjadi anak dari orang nomor satu di Indonesia ini sering menjadi panutan para milenial dalam melakukan bisnis lokal. 

Siapa yang sangka bahwa Bos Markobar ini sudah mengenyam pendidikan di luar negri sejak SMA lho gaes!

Buat kamu yang belum tahu, yuk simak fakta unik Gibran Rakabuming yang sukses denga bisnis kulinernya.

Sekolah di Singapura

(Foto: Istimewa)

Lahir di Solo, 1 Oktober 1987, Gibran sejak kecil tinggal di Solo, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010.

Gibran menghabiskan 8 tahun untuk bersekolah di negri orang dan hidup mandiri jauh dari keluarganya. Selama bersekolah di lar negri, ayahnya merupakan orang yang penting di kotanya.

Jokowi menjadi walikota Solo periode 2005-2010. Sekembalinya ke Indonesia, ayahnya mengalami kenaikan jabatan. Mulai dari walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI ke7, periode 2014-2019.

Usaha kuliner

Sekembalinya ke Tanah Sir, Gibran memulai usaha kulinet dengan bisnis katering yang diberi nama Chilli Pari pada tahun 2010.

Berkat usahanya tersebut, ia pun dipercaya sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. 

Bersama adiknya, Kaesang Pangarep, Gibran juga membuka berbagai macam usaha kuliner kekinian seperti Kafe Markobar. Awalnya Marobar hanya ada di Kota Solo gaes. Namun sekarang, Kafe yang menjual aneka Martabak itu menjadi viral dan banyak ditemukan di kota-kota besar.

Terbaru, Gibran kembali membuka bisnis kuliner minuman yang saat ini tengah dilakukan pebisnis muda. Pada tahun 2019, Gibran merilis minuman kekinian bernama Goola. 

Gak seperti minuman kekinian biasanya, Gibran tentu saja menggunakan citra rasa Indonesia dalam bisnisnya tersebut. Goola launching dengan dua varian dari minuman kekiniannya yakni Es Doger Jeger dan Es Jeruk Nipis Mutiara. 

Menikah dengan Putri Solo 2009

(Foto: Istimewa)

Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada 11 Juni 2015 silam. Keduanya dipersatukan dengan cara yang cukup unik.

Keduanya pertama kali bertemu saat Gibran menjadi mentor di acara Pemilihan Putra-Putri Solo (PPS) 2009. Selvi yang merupakan salah satu dinalis pun berhasil meraih mahkota juara yang disematkan oleh ibunda Gibran, Iriana Jokowi.

Sebagai penyandang gelar Putri Solo 2009, Selvi sering terlibat dalam acara budaya dan pariwisata di Pemerintah Kota Solo,untuk mengenalkan potensi wisata yang dimiliki. Dari sanalah, Gibran dan Selvi menjadi sering bertemu hingga menjalin kisah cinta selama 6 tahun lamanya.

Kini keduanya telah hidup bahagia bersmaa dua orang anak yakni Jan Ethes dan La Lembah Manah.




Fakta Unik Gibran RakabumingGibran RakabumingIStri Gibran RakabumingBisnis Gibran RakabumingRiwayat Gibran Rakabuming

Share to: